

MANAJEMEN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET B ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Mubtadi-ien Kota Bengkulu)
Abstract
Manajemen Program Kelompok Belajar Paket B di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Mubtadi-ien Kota Bengkulu sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Ini terlihat dari lulusnya semua santri dalam ujian Program Kelompok Belajar Paket B dan terlaksananya secara rutin fungsi-fungsi manajemen Pontren Salafiyah Hidayatul Mubtadi-ien Kota Bengkulu, yaitu: (1) pada kegiatan perencanaan telah dilaksanakan perencanaan visi dan misi, tujuan program, santri, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, serta sumber dan pengalokasian dana; (2) pengorganisasian dilakukan dengan menyusun struktur organisasi, pembagian tugas secara yang jelas kepada pengelola, tenaga pendidik teknis sesuai dengan keahliannya; (3) penggerakan dilakukan dengan memberikan motivasi baik kepada pengelola, tenaga pendidik, maupun santri; dan (4) pengawasan dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar dan proses pelaksanaan program, mengadakan evaluasi, serta membuat laporan pertanggungjawaban.
References
Dirjen PLSP. 2004. Acuan Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Program Paket A B C Anak jalanan, PSK, Warga Lapas, dan Pekerja Anak; Jakarta: Depdiknas.
Hasibuan, H. M. (2011). Dasar Pengertian dan Masalah,. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Listyangish. (2014). Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: BPFG Univesitas Gajah Mada.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wahidah, E. Y. (2015). Studi Implementasi Tradisionalisasi dan Modernisasi. MUADDIB, 184-207.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.4593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By:
View My Stats