Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

MANAJEMEN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET B ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Mubtadi-ien Kota Bengkulu)

Rohmi Kariminah

Abstract


Manajemen Program Kelompok Belajar Paket B di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Mubtadi-ien Kota Bengkulu sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Ini terlihat dari lulusnya semua santri dalam ujian Program Kelompok Belajar Paket B dan terlaksananya secara rutin fungsi-fungsi manajemen Pontren Salafiyah Hidayatul Mubtadi-ien Kota Bengkulu, yaitu: (1) pada kegiatan perencanaan telah dilaksanakan perencanaan visi dan misi, tujuan program, santri, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, serta sumber dan pengalokasian dana; (2) pengorganisasian dilakukan dengan menyusun struktur organisasi,  pembagian tugas secara yang jelas kepada pengelola, tenaga pendidik teknis sesuai dengan keahliannya; (3) penggerakan dilakukan dengan memberikan motivasi baik kepada pengelola, tenaga pendidik, maupun santri; dan (4) pengawasan dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar dan proses pelaksanaan program, mengadakan evaluasi, serta membuat laporan pertanggungjawaban.

Full Text:

PDF

References


Dirjen PLSP. 2004. Acuan Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Program Paket A B C Anak jalanan, PSK, Warga Lapas, dan Pekerja Anak; Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan, H. M. (2011). Dasar Pengertian dan Masalah,. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Listyangish. (2014). Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: BPFG Univesitas Gajah Mada.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Wahidah, E. Y. (2015). Studi Implementasi Tradisionalisasi dan Modernisasi. MUADDIB, 184-207.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats