Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAKRIFATUL ILMI KABUPATEN BENGKULU SELATAN)

dethree jayadi

Abstract


Abstrak : Implementasi Pendidikan Enterpreneurship Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Enterpreneurship Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang  merupakan sebuah pendekatan logika-logika serta teori-teori yang sesuai dengan lapangan. Penelitian ini lebih memfokuskan pada ruang lingkup masalah penelitian yang bertumpu pada studi tentang Implementasi Pendidikan Enterpreneurship untuk membangun Nilai-Nilai Kemandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan). Data  penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. data yang terkumpul kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif yang mengacup ada analisis data secara induksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan enterpreneurship dalam membangun Nilai-nilai kemandirian santri di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Dari segi perencanaan pihak yayasan, guru untuk pendidikan Budidaya Lele system Bioflog, Dsain Garafis, Ilmi Mart belum memiliki panduan atau acauan seperti perangkat pembelajaran yang belum dimasukan kedalam kurikulum, Silabus, RPP, dan belum ada buku pedoman, serta kesedian air yang belum memadai, keterbatasan Computer, sehingga pelaksanaannya dari pendidikan tersebut belum berjalan secara maksimal, maka evaluasi yang akan datang agar pendidikan tersebut tercapai untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kemandirian santri, maka pihak yayasan dan guru harus memiliki perangkat acuan yang jelas, dan kelengkapan sarana-prasarana yang memadai didukung oleh semua pihak termasuk santri harus wajib untuk mengikuti kegiatan tersebut secara seksama.

Faktor-faktor pendukung dan penghambat pendidikan entrepreneurship dalam membangun Nilai-nilai kemandirian santri di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan antara lain: factor pendukung adanya dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana yang memadai dari segi tempat, sebagian anak yang antusias untuk mengikuti. Sedangkan factor penghambat belum memiliki acuan atau pedoman, Keterbatasan waktu, sedikit sekali santri yang ikut dalam kegiatan tersebut.Timbulnya rasa malas, dikarenakan sifat bawaan dari dalam diri santri sendiri sehingga menjadi factor penghambat santri kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan wirausaha di pondok.

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.5003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats