NILAI-NILAI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR DAN IMPLEMENTASINYA DI SD ISLAM TERPADU (SDIT) IQRA’ 2 KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr di SD Islam Terpadu (SDIT) Iqra’ 2 Kota Bengkulu tentang manajemen waktu dengan bentuk POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan penelitian ini adalah validitas konstruk (construct validity) yang diperoleh dengan cara menguji validitas yang dilakukan oleh para ahli (expert judgment). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan yang terdiri dari: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan yang digambarkan dalam suatu proses siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemntasi nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr di SD Islam Terpadu (SDIT) Iqra’ 2 Kota Bengkulu tentang manajemen waktu dengan bentuk POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang terbagi dalam empat fungsi: 1) dalam menerapkan fungsi perencanaan dengan menentukan tujuan dan kebijakan, 2) dalam menerapkan fungsi pengorganisasian dengan memberikan kekuasaan kepada kepala sekolah serta waka untuk menyusun program kegiatan dan memberikan pembinaan kepada para peserta didik yang dilakukan langsung oleh para waka, 3) dalam menerapkan fungsi pelaksanaan dengan menerapkan sistem pengajaran hafalan dan muroja’ah pada pelajaran Al-Qur’an dan hadis, dan 4) dalam menerapkan fungsi pengawasan dilakukan dengan adil dan bijaksana tanpa memihak satu sama lainnya.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i1.5080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Annizom
View My Stats