EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT DENGAN MEDIA VISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN DAN HADITS PADA SISWA KELAS III A MI NURUL HUDA BENGKULU

Abdillah Agam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif metode pembelajaran team games turnament dengan media visme dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar  Al-Qur’an dan Hadits pada siswa kelas III A MI Nurul Huda Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode TGT dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar pretest sebesar 73,8 dan posttest sebesar 127,5. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pretest sebesar 64,62 dan posttest sebesar 92,22. Dari data tersebut terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar sesudah menggunakan metode teams games tournament dalam pembelajaran.

Kata kunci: Metode Team Games Turnamen, Motivasi dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Aenu Rohmah, Emay. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa, Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8. No.2 Juli 2016

Aditya, Dedy Yusuf. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sap Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Afandi. Muhamad, dkk. Model & Metode Pembelajaran Di Sekolah, (Semarang: Unissula Press, 2013)

Ariani, Tri. Duwi Agustini. Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak Terhadap Hasilbelajar Fisika, Science and Physics Education Journal (SPEJ) Volume 1, No 2, Juni 2018

Arianto, Fredi. “Pengaruh Penerapan Tgt Dengan Media Hand Out Terhadap Prestasi Dan Aktifitas Belajar Fikih Peserta Didik Di Mi Nurul Huda,” (Tesis S2 Fakultas Paascasarjana Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2014)

Aryana, Idrus, Harjono, “Pengaruh Model Pembelajan Kooperatife Nht Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Biologi Siswa Sma Negeri 2 Gerung,” Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, Vol. 2, No. 2, (Juli 2016)

Chaira, Miftahul. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Min Tungkob” (Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 2017)

Dedy Yusuf Aditya, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Sap Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Harjono, Aryana Idrus, “Pengaruh Model Pembelajan Kooperatife Nht Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Biologi Siswa Sma Negeri 2 Gerung,” Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, Vol. 2, No. 2, (Juli 2016)

Kamsinah, Metode Dalam Proses Pembelajaran: Studi Tentang Ragam Dan Implementasinya, Lentera Pendidikan Vol. 11 No. 1 Juni 2008

Mardiah Kalsum Nasution, Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017

Madio, Yasa Sukanto Sukandar. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Kelompok Siswa Yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Student Teams Achievements Divisions (STAD), Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3, Nomor 2, Mei 2014

Nurzalbiah, Siti. Arnelis Jalil, Rini Asnawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika,” Jurnal Fkip Mate-Matika, Universitas Lampung, (Desember 2010)

Ramadhanti, Dina. Penerapan Model Kooperatif Tipe Circ Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Lembah Gumanti Jurnal Gramatika, Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia V3. I1. 2017

Rohmah, Emay Aenu. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa, Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8. No.2 Juli 2016

Rusman, Model-Model Pembelajaran (Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2016)

Samiudin, Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Jurnal Studi Islam, Volume 11, No 2 Desember 2016

Setyabudi, Ismanto. Daryanto, Panduan Praktis Penelitian Ilmiah, Yogyakarta: Penerbit Gava Madia, 2015

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013)

Sobandi, Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Tgt Dalam Meningkankan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Fkip Unma, Vol.5 No. 2, Desember 2019

Suaeb, Suciyani. dkk, Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Tebak Gambar Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Januari 2018

Sugiono, Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis Dan Disertasi. (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016

Widhiastuti, Ratieh. Teams Games Tournament (Tgt) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Vol. IX, No. 1, Juni 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i2.5094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annizom



  

 

View My Stats