Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SMP NEGERI 8 LUBUKLINGGAU

Eha Dahlia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru dan kualitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Lubuk linggau. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran PAI, yaitu: Pertama, Memotivasi guru untuk berkreasi dan inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif. Kedua, Meningkatkan profesionalisme guru. Ketiga, Menerapkan kedisplinan Guru, karyawan dan siswa. Keempat, Melakukan supervisi. Kelima, Meningkatkan kualitas siswa dengan mengikutkan perlombaan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Keenam, Mengembangkan budaya akhlak yang baik pada segenap warga sekolah melalui keteladanan. Ketujuh, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana. (2) Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu: Pertama, dengan cara meningkatkan kemampuan para guru dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pengajar; Kedua, dengan optimalisasi pemanfaatan dan penggunaan media dan sarana pendidikan; Ketiga, dengan pelaksanaan supervisi rutin untuk mengatasi permasalahan sehubungan dengan kurangnya sikap profesionalisme yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugas; Keempat, Menjalin Kerjasama dengan Masyarakat Kelima, penerapan disiplin yang ketat. (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran, yaitu: Pertama, guru pendidikan agama Islam kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program keagamaan; kedua, peserta didik kurang istiqomah dalam mengamalkan kegiatan keagamaan di rumah; Ketiga, perbedaan yang ada dalam diri siswa tersebut dapat menjadi hambatan bagi pengembangan aspek-aspek anak didik itu sendiri, Keempat, kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


A. Suradi, “Globalisasi Dan Respon Pendidikan Agama Islam Di Sekolah”, Jurnal Mudarrisuna, Volume 7, No. 2 (2017)

B Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001)

Dadang Suhardan, Supervisi Profesional (Layanan Dalam MeningkEMAan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah), (Bandung: ALFABETA, 2010)

Daryanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)

Dimyati, dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran,(Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Hari Sudrajat, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, (Bandung: Cipta Cekas Grafika, 2004)

Hasil pengamatan sementara, tanggal 20Oktober 2020

Hasil wawancara dengan Evi Susanti, tanggal 20Oktober 2020

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)

Mansur Muslich, Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, (Jakarta : Bumi Aksara, 2010)

Moh. Uzer Usman, Menjadi guru Profesional, (Edisi Kedua), (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007)

NK Roestiyah, Masalah Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem , (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)

R Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Tim Departemen Agama, Metodologi Pengajaran Agama, (Jakarta: Depag RI, 2001)

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran

Wina Sanjaya, Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.6041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       

Index By:

Indonesia One Search

 

View My Stats