IMPLEMNTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH MIFTAHUL HUDA TAYU PATI JAWA TENGAH

Tri Puji Lestari, Slamet Utomo, Su'ud Su'ud

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola implementasi supervisi akademik di Madrasah Miftahul Huda Tayu dan kendala yang dihadapi kepala madrasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, sabjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil wakil kepala sekolah  dan guru guru yang mengajar di MTs  Miftahul Huda Tayu. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisi data dalam penelitian ini antara lain yaitu reduksi data,pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Upaya kepala madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Tayu dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah 1) Pembinaan dan sidak untuk melihat kedisiplinan, 2) memberikan motivasi, 3) memberikan penghargaan. Upaya kepala Madrasah Tsanawiyah Miftahul dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu memberdayakan kompetensi yang dimilki oleh guru, aktif Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengikut sertakan dalam pelatihan seminar, memberikan pembinaan untuk supervisi.2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme dan kedisiplinan guru. Tahap perencanaan meliputi membentuk tim supervisi, menganalisis kebutuhan monitoring, menyusun jadwal supervisi, menyusun instrumen supervisi, dan mengsosialisasikan instrumen supervisi. Tahap pelaksanaan supervisi akademik meliputi kunjungan kelas, seminar, diskusi kelompok, rapat guru, penilaian diri sendiri, pertemuan individu, observasi kelas, kunjungan kelas.3) Kendala  kepala sekolah dalam implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme dan kedisiplinan  guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Tayu 1) Kurangnya Waktu, 2) Kurangnya ghirah keilmuan guru, 3) Kekhawatiran Karena Kondisi Pandemi, 4) Sumber daya manusia, 5) kurangnya komitmen guru.


Keywords


Kata Kinci : Supervisi Akademik, Disiplin, Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A Guide to Supervision in Social Work Field Education. Rev. ed. Strawerry Hills: Australian Learning & Teaching Council Limited, 2010.

Danim, Sudarwan. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Depdiknas, Sagala. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta, 2015.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Abdul Majid Khon, Neli Rahmaniah, dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. “Analisis Implementasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Agama (Studi Kasus di MTsN Kabupaten Brebes dan SMP Al Irsyad Tegal).” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 10, no. 2 (30 Desember 2018): 188–211. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.2492.

Fitria, Happy, Mukhneri Mukhtar, dan Maruf Akbar. “THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL STRUCTURE AND LEADERSHIP STYLE ON TEACHER PERFORMANCE IN PRIVATE SECONDARY SCHOOL.” IJHCM (International Journal of Human Capital Management) 1, no. 02 (1 Desember 2017): 101–12. https://doi.org/10.21009/IJHCM.01.02.12.

Gordon, Thomas. Menjadi Orang Tua Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Hartanto, Setyo, dan Sodiq Purwanto. SUPERVISI DAN PENILAIAN KINERJA GURU (MPPKS - PKG). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2019.

Heri, Gunawan, dan Khaerul Rachman. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru (menjadi pendidik yang dicintai dan diteladani siswa). Bandung: Nuansa Cendekia, 2016.

James, Stoner AF. Manajemen. Jakarta: Prenhalindo, 1996.

Kurniawan, Budi. “Politisasi Agama di Tahun Politik: Politik Pasca-Kebenaran di Indonesia dan Ancaman bagi Demokrasi.” Jurnal Sosiologi Agama 12, no. 1 (2018): 150. https://doi.org/10.14421/jsa.2018.121-07.

Leniwati, Leniwati, dan Yasir Arafat. “IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 1 (15 Agustus 2017). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158.

Marks, James Robert, Emery Stoops, dan Joyce King-Stoops. Handbook of educational supervision: a guide for the practitioner. 3rd ed. Boston: Allyn and Bacon, 1985.

Marselinus, Tika. “Sertifikasi dan Profesionalisme Guru,” 2013. hhtp://50304946.siap- sekolah/com.

Oding, Supriadi. “Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Tabularasa PPS Unimed 6, no. 1 (2013).

Prasojo, L.D, dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Grava Media, 2016.

Puspitasari, Norma. “KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDY KASUS SMK BATIK 1 SURAKARTA).” Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2015).

Rachmawati, Yulia. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 1, no. 1 (2013).

Sergiovanni, Thomas J., dan Robert J. Starratt. Supervision: human perspectives. 3rd ed. New York: McGraw-Hill, 1983.

Suhardan, Dadang. Manajemen dan Kepimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Syukri. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Gugus I Uptd Dewantara Aceh Utara.” Jurnal Administrasi Pendidikan, 2015.

Thaib, M. Amin. Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan pada Madrasah Aliyah. Jakarta: Ditmapenda Tim, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i3.8792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Puji Lestari, Slamet Utomo, Su'ud Su'ud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats