MOTIVASI BELAJAR MENURUT AL QUR’AN: ANALISIS SURAT AR-RAD AYAT 11

Megi Sudirman, Alfauzan Amin

Abstract


Latar belakang penelitian yakni pada Al-Qur`ân sendiri banyak kita temui akan ayat-ayat yang memiliki makna akan motivasi. Di antaranya motivasi belajar, menerangkan bahwasanya motivasi belajar menjadi salah satu gaya yang terdapat dari dalam tubuh setiap pribadi yang mampu menggerakkan diri untuk berbuat. yang mana terkandung dalam Surah Ar-Ra’d ayat 11, akan tetapi pada pelaksanaannya masih kurang memahami betapa ayat ini dapat memotivasi belajar siswa pada pembelajaran. Tujuan penulisan jurnal ini untuk mengkaji nilai-nilai motivasi belajar dalam ayat-ayat Al-Qur’an. dengan menganalisis ayat Al-Qur’an  pada surah Ar-Ra’d ayat 11. Agar dapat mengetahui saja nilai-nilai motivasi belajar. Metode penelitian yang di pakai ialah Metode Deduktif dan Metode Induktif yang mana metode pengumpulan data yang digunakan penulis bersumber dari beberapa dokumentasi yang berasal dari buku, internet, catatan harian, biografi, riwayat hidup (life histories), stori, peraturan kebijakan, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwasanya pada Surah Ar-ra’d pada ayat 11 memiliki motivasi pada belajar, pertama, allah tidak pernah meninggalkan hambanya bahkan allah mengutus para malaikat untuk mengawasinya, maka janga lah berputus ada dan tetaplah optimis, kedua, adalah allah menyuruh kita untuk berusaha untuk mengubah diri kelebih baik, karena allah SWT nggak akan mengubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya.

Kata Kunci: motivasi belajar, analisis al-qur’an di surat Ar-ra’d ayat 11


Keywords


Kata Kunci: motivasi belajar, analisis al-qur’an di surat Ar-ra’d ayat 11

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdiyah, L. 2021. Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2),

Ahmad Bahrudin Azis, Mochamad Lutfan Sofa ,Alfauzan Amin, 2022, implementasi inovasi pembelajaran paiberbasis multiple intellegences, jurnal pendidikan dan konseling volume 4 nomor 5

Ahmad Zain Sarnoto, Almaydza Pratama Abnisa.2022.Motivasi Belajar Dalam Perspektif Al-Qur’an.Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 4, No. 2: 210-219

Alaika M. Bagus Kurnia PS, Gaung Perwira Yustika. 2019. motivasi belajar dalam perspektif Qs. Ar-ra’d: 11:Menurut kitab tafsir al-jalalain karya imam jalaluddin al-mahalli dan imam jalaluddin al-suyuti.SUHUF, Vol. 31, No. 2, November: 134-160

Alfauzan Amin, Alimni, Dwi Agus Kurniawan .2021.Teaching Faith in Angels for Junior High School StudentsTadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 6 (1): 9-18

Alfauzan Amin, Alimni. Dwi Agus Kurniawan, Miftahul Zannah Azzahra, Sabila Eka Septi.2021.Parental Communication Increases Student Learning Motivation in Elementary Schools nternational Journal of Elementary Education Volume 5, Number 4, pp. 622-630

Amin, A. , 2022.Advance Organizer Model-Based Teaching Materials for Islamic Cultural History. Journal of Education Technology. 6(2), 363–371.

Arianti. 2018.Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan. Vol. 12, No. 2, Desember

Azizatun Nafiah.Munawir.2022. Implementasi metode bahtsul masail terhadap motivasi belajar pai Ta’dibuna: Jurnal Studi dan Pendidikan Agama Islam Vol. 5 No. 1 Maret, Halaman: 44-51

fni Oktiani.2017Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal kependidikan. Jk 5 (2) 216-232

Janah Sojanah,Trianda Ferlinda,Kodri.2021.Motivasi Belajar Siswa Dan Fasilitas Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, Vol. 20 No.1 Januari, Hal – 54

Muhammad amin.2018. Kedudukan Akal dalam Islam The Position of Reason in Islam. Tarbawi: jurnal pendidikan agama islam Volume 3 No.1, Januari-Juni

Muli umiaty noer.2022.Etos Belajar Islami dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran. Goa BallaSulo Teknoporie 2022

Nugraha, D.2020. Urgensi Pendidikan Multikultural Di indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila DanKewarganegaraan), 1(2), 140

Rike Andriani.Rasto.2019.Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (Learning motivation as determinant student learning outcomes) Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 4 No. 1, Januari, Hal. 80-86

Sardiman A.M,2012.Interaksi dan Motivasi BerBelajar Mengajar,Jakarta; Rajawali Pers,

Teguh Karya Pamungkas,2021.Peranan Motivasi BelajarTerhadap Aktifitas Belajar Siswa Jurnal pendidikan dan kajian Aswaja Volume, 7 No. 2

Tri Wulandari,Deka Nurbika, Alfauzan Amin.2022.Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di MI. Nurul Huda Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 5

Ulfah, Supriani, Y., & Arifudin, O.2022. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1)

Wahyudin Maguni dan Haris Maupa.2018. Teori Motivasi, Kinerja dan Prestasi Belajar dalamAl-Quran Serta Pleksibilitas Penerapannya pada Manajemen Perbankan Islam Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis IslamVolume 3, Nomor 1, Juni

Zubaedi, Alfauzan Amin, Asiyah , Suhirman, Alimni, Aam Amaliyah , Dwi Agus Kurniawan,2021 .Learning style and motivation: gifted young students in meaningful learning Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 57-66, March




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i3.8852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Megi Sudirman, Alfauzan Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats