Peran Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Penggunaanya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto

Wahyu Lenggono

Abstract


Abstract: The Role of ICT Media on Al Islam and Muhammadiyah Learning and Its Use in 1st  Muhammadiyah Junior High School 1 Purwokerto. The development of technology that is increasingly fast and sophisticated, has a very large role in the quality of solutions in the world of Education. entities that can be used directly in education are the use of ICT media in AIK / PAI learning. This article discusses the role of ICT media in Al-Islam and Kemuhammadiyahan learning and its use in Purwokerto 1 SMP Muhammadiyah. This research is qualitative research using data obtained from field research. The author uses keywords (descriptive) based on information or data obtained from the field and literature books that support this research. This paper is used to find out the role of ICT media in learning Al-Islam and Kemuhammadiyahan and its use in Muhammadiyah 1 Junior High School Purwokerto. The result of this study is that ICT media has a very large role, namely as a tool for teachers in learning, as a learning tool, and as ICT for learning. The use in Purwokerto 1 Muhammadiyah Middle School includes several learning steps namely preliminary activities / initial activities, core activities, and last closing activities.

Abstrak: Peran Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Penggunaanya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih, memiliki peranan yang sangat besar terhadap kualitas pengajaran dalam dunia Pendidikan. peranan yang dapat dirasakan secara langsung dalam Pendidikan adalah penggunaan media ICT dalam pembelajaran AIK/PAI. Artikel ini membahas tentang peran media ICT pada pembelajran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan penggunaannya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari penelitian lapangan. yakni penulis menjelaskan melalui sebuah kata-kata (deskriptif) berdasarkan informasi atau data-data yang diperoleh dari lapangan dan literatur buku-buku yang mendukung penelitian ini. Tulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui Peran Media ICT Pada Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Penggunaanya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa media ICT memiliki peranan yang sangat besar yaitu sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran, sebagai sarana/tempat belajar siswa, dan ICT sebagai sumber belajar. Adapun penggunaannya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto meliputi beberapa langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan/kegiatan awal, kegiatan inti, dan terakhir kegiatan penutup.


Keywords


ICT Media; Role of ICT; Pendidikan Agama Islam; Use of ICT

References


Agustriana, N. (2019). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Al-Fitrah, 1(2), 216–228. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1517

Ananda Hadi Elyas, (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Jurnal Warta, Edisi 56

Bambang W., (2008), Teknik Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D., (2014), Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Imam Abdul Syukur (2014), Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 2,.

Ishak Abdulhak & Deni D, (2013), Teknologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismail Darimi, (2017) Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif, Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Volume 1, Nomor 2,

Iwan Falahudin (2014), Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 1 No. 4,

Kuncahyono (2017), Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sd, Volume 5, Nomor 2

Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1762

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living ‎Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Lantip Diat P & Riyanto, (2011), Teknologi Informasi Pendidikan Membahas Materi Dasar Teknologi Informasi yang Wajib Dikuasai Pemula TI, Yogyakarta: Gava Media.

Mutia & Leonard, (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Faktor Exacta 6(4),.

Nasution, (1987), Teknologi Pendidikan, Bandung: Jemmars.

Poppy Yaniawati, (2010), E-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer, Bandung: Arfino Raya.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Sodiq Anshori, Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah, Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya.

Sodiq Anshori, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran, Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya

Tatan Z.M, Pengaruh Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2010 / 2011), Jurnal Formatif 1(1).

.

Muhammad Yusuf Rahim, (2011). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada Uin Alauddin Makassar, Sulesana, Volume 6 Nomor 2.

Nasruddin Hasibuan, (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, No. 01

Nunu Mahnun, (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1

Sapri, J., Agustriana, N., & Kusumah, R. G. T. (2019). The Application of Dick and Carey Learning Design toward Student’s Independence and Learning Outcome. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 218–222). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.53

Siti Aini Latifah A, (2012). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Assalaam Bandung, Jurnal Tarbawi, Vol. 1 No. 1

Yosal Iriantara, (2014), Komunikasi Pembelajaran interaksi komunikatif dan edukatif didalam kelas, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam



At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)

INDEXED BY:

   GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

Creative Commons License
At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.