METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM FORMAL-INFORMAL (Analisa Pendidikan di Rumah dan Sekolah)
Abstract
Pendidikan dalam rumah/keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama, pendidikan keluarga dapat menjadikan anak agar mempunyai kepribadian yang kemudian hari dapat dikembangkan dalam lembaga-lembaga berikutnya,sehingga wewenang lembaga-lembaga tersebut tidak diperkenankan mengubah apa yang telah dimilikinya, tetapi cukup dengan mengkombinasikan antara pendidikan keluarga dengan pendidikan lembaga selanjutnya tersebut, sehingga masjid, pondok pesantren dan sekolah merupakan tempat peralihan dari pendidikan keluarga.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asy-Shiddiqi, Hasbi, 1972, Al- Islam, Jakarta : Bulan Bintang
Aly, Hery Noer, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta : Logos
Abdul Mujib, Muhaimin, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam dalam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, cet. I, Bandung : Trigenda Karya
Hasan, Chalijah, 1994, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Cet. I, Surabaya : Al-Ikhlas
Ramayulis dkk, 1990, Pendidikan Islam dalam Rumah Tangga. Cet. II, Jakarta : Kalam Mulia
Tim Dosen FIP IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Surabaya : Usaha Nasional
Ulwan, Abdullah, Tarbiyat al-Aulad fi al-Islam, Beirut : dar al-Salam
Zuhairini dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v12i1.1625
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia
ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)
INDEXED BY:

At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.