Pelaksanaan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Terhadap Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taba Penanjung

Adam Nasution

Abstract


Abstract: Implementation of Law No. 14 of 2005 Concerning Teachers and Lecturers Towards the Professional Improvement of Islamic Education Teachers in State Senior High School 1st Taba Penanjung

 Professionalism is something that is not negotiable for teachers. Therefore, the government has issued Law no. 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers. Its implementation has not been evenly distributed throughout Indonesia. This study aims to describe the implementation of these regulations towards improving Teacher Professionalism at Taba Penanjung High School 1 which includes: a) learning planning b) learning process c). tutoring d) learning assessment. The method used is descriptive qualitative with data sources derived from teachers, principals, and documentation. Data collection techniques are observation, interview and documentation. From the results of the study it can be concluded the implementation of Law No. 14 of 2005 concerning teachers and lecturers has been conducted by teacher. Includes professionalism competencies:

 

Abstrak : Pelaksanaan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Terhadap Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taba Penanjung

 Profesionalitas merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu, pemerintah telah menerbitkan UU no. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Implementasinya belum merata di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi peraturan tersebut terhadap  peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Taba Penanjung yang meliputi: a) perencanaaan  pembelajaran b) proses pembelajaran c). bimbingan pembelajaran d), penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data berasal dari guru, kepala sekolah, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen meliputi kompetensi profesionalisme secara keseluruhan telah dilaksanakan oleh guru.


Keywords


Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam; Undang Undang Guru dan Dosen; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Hamjah, S. H., & Akhir, N. S. M. (2014). Islamic approach in counseling. Journal of religion and health, 53(1), 279–289.

Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 100. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2244

Kamila, M. Z. (2013). Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Prambanan. Skipsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khodijah, N. (2013). Kinerja guru madrasah dan guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di Sumatera Selatan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Listyani, E. (2012). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nasima Semarang. Educational Management, 1(1).

Nasir, M. (2013). Profesionalisme Guru Agama Islam: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui LPTK. Dinamika Ilmu, 13(2).

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Novitasari, Y., & Nur, M. (2017). Bimbingan dan konseling belajar (akademik) dalam perspektif Islam. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 53–78.

Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.33369/JIP.3.1.54-65

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113

Prihantoro, R. (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 100–108.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (4 ed.). Jakarta: Kencana.

Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. (2018). Strategi Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD (Studi Kasus Pada TK di Kota Cirebon). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1)(1), 129–149. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V4I1.2637

Sauri, S. (2010). Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1–15.

Syarif, M. (2017). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di SMK Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 27–40.

Zakaria, D., & Ibrahim, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Belajar Mandiri dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 3(2), 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.2667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)

INDEXED BY:

   GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

Creative Commons License
At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.