Improving Students’ Reading Comprehension By Using Concept Mapping At Sixth Semester Of PGSD Program Of Open University Of Bengkulu

Syamsul Rizal, Yusrizal Yusrizal

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan pemetaan konsep pada semester keenam
PGSD FKIP of UPBJJ-UT Bengkulu. Metode penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Peserta dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 28
mahasiswa semester keenam PGSD FKIP of UPBJJ-UT Bengkulu Pokjar Kota
Bengkulu pada Tahun Akademik 2.013,1. Instrumen yang terdiri dari rubrik pemetaan
konsep, membaca hasil pemahaman tes, lembar observasi, dan wawancara. Data penelitian
ini dianalisis dengan menggunakan dua metode analisis data yaitu; metode kuantitatif dan
wualitative. Metode pertama digunakan untuk memeriksa dan menafsirkan data dari
praktek pemetaan konsep dan membaca tes pemahaman dan yang kedua digunakan
untuk menganalisis semua data yang diambil dari observasi dan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Konsep Pemetaan meningkatkan 'membaca pemahaman, dan
(2) perubahan pemahaman baca siswa disekolah dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu, (a)
internal yang perubahan pemahaman bacaan siswa disekolah karena siswa siswa motivasi,
minat dan pengetahuan umum, dan (b) faktor eksternal yang terdiri dari bahan bacaan
dan guru membaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v13i1.541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Syamsul Rizal, Yusrizal Yusrizal



AT-TA'LIM: Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)

INDEXED BY:

   GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

Creative Commons License
At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.