Teaching Reading Comprehension Through Snowball Throwing Teaching Technique

Ponda Sari Styawati, Syamsul Rizal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa agar pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih efektif, guru harus mengaplikasikan teknik pembelajaran yang membuat siswa menjadi tertarik dan mudah dalam memahami. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa, diantaranya 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes reading, lembar observasi siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan snowball throwing teaching technique untuk materi membaca dikelas ternyata mampu meningkatkan keefektifan siswa dalam membaca dan juga mampu meningkatkan proses belajar dan mengajar di kelas. Siswa langsung aktif terlibat di dalam kelas dan mampu mengutarakan pendapat mereka dalam bentuk tulisan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tes evaluasi siswa selalu dilakukan di tiap-tiap akhir siklus. Dari hasil nilai rata-rata dalam setiap siklus ada penigkatan terhadap kemampuan membaca siswa, pada siklus I (51,36), siklus 2 (63,63), dan siklus 3 (72,27). Pada siklus ketiga, nilai rata-rata siswa telah mencapai target penelitian. Dengan demikian jelas bahwa Snowball Throwing teaching technique bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks umum.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2006. Prosedure Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Aqib,Zainal.2013.Model-model media dan strategi pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung:Yrama Widya.

Brown, H. D. 2004. Language Assessment: Principles and classoom practices. New York: Pearson Education,Inc.

Burns,Anne. 1999. Collaboration Action Research for English Language Teachers. New York: CAMBRIDGE University Press

Chair, Catherine Snow. 2002. Reading for Understanding Toward an R&D Program in Reading Comprehension. Santa Monica: RAND Education

Darmanto, Priyoto. 2002. Kamus Lengkap Ingris-Indonesia. Surabaya: Arkola

Greenall Simon. 2005. Reading Student’s Book: Cambridge University Press.

Hendra,Endang. 2012. Al-Qur’an Cordoba. Bandung: Cordoba International

Harmer, Jeremy. 2002. The Practice of English Language Teaching. England: Longman.

Kunandar.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mikulecky Beatrice S.1998. Reading Power. New York: Pearson Education

Nunan,David .1991. Language Teaching Methodology. Sidney : Prentice Hall.

Richards, Jack C.1986. Approacnes and Method Teaching. The United States America: Cambridge University Press.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Sutrisno,sigit. 2010. Improving students’ ability in reading comprehension by using cooperative learning of jigsaw method. Thesis. Unpublished IAIN Bengkulu.

Taniredja Tukiran.2012.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Bandung:Alfabeta

Trianto, 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif beriorentasi Contruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v13i2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ponda Sari Styawati, Syamsul Rizal



AT-TA'LIM: Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)

INDEXED BY:

   GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

Creative Commons License
At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.