Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Maryamah Karpov: Mimpi-Mimpi Lintang Karya Andrea Hirata Sebagai Bahan Ajar Novel di SMA

Lita Yolanda Aprilianti, Tati Sri Uswati, Tato Nuryanto

Abstract


Nilai karakter dalam novel Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang beragam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakter dan  mengembangkan novel Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang sebagai bahan ajar novel di kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dala pengumpulan data yaitu metode analisis isi dengan teknik studi pustaka dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang Karya Andrea Hirata terdapat nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan, nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama, nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan dan sosial serta nilai karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator ahli sebesar 84,37% sehingga dapat dikatakan termasuk dalam kategori cukup valid dan dapat digunakan namun perlu direvisi kecil sebagai bahan ajar.

Keywords


Bahan ajar, handout, nilai karakter, novel

Full Text:

PDF

References


Baroroh, Kiromim. (2011). “Upaya Meningkatkan Nilai-nilai Karakter Peserta Didik melalui Penerapan Metode Role Playing”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.8, 2, 149-163.

Elfindri. (2014). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Professional. Jakarta: Baduose Media.

Fitria, Putri. 2015. “Nilai-nilai Karakter dalam Buku Teks Kemuhammadiyahan SMA/MA/SMK Kelas X,XI,XII Terbitan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas murni.

Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdarya.

Komarudin, Syamsu, A. (2012). “Carachter Education and Student Social Behavior”. Jurnal Of Education Learning, Vol.6, 4, 223-230.

Lickona, Thomas. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Motode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Surabaya: Erlangga.

Nana Sudjana. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Biru Algesindo.

Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Raharjo, Sabar Budi. (2010). “Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.16, 3, 229-238.

Salahudin, Anas dan Alkriencie, Irwanto. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis & Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015a). Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Cinta Shofia dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA.

Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV.Alfabeta.

Wasis D. Dwiyogo. (2014). Konsep Penelitian Dan Pengembangan. Pusat Kajian Kebijakan Olahraga LEMLIT UM.

Yusuf, Muhammad. (2013). “Membentuk Karakter melalui Pendidikan Berbasis Nilai”. Jurnal Al-Ulum, Vol.13, 1, 1-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats