Tindak Tutur Interogatif Guru dan Siswa PAUD Bougenville dalam Interaksi di Lingkungan Sekolah

Atie Fur Selly

Abstract


Aktivitas berbahasa khususnya keterampilan berbicara dalam proses pembelajaran sangat tepat dikaji dengan teori tindak tutur karena aktivitas berbicara atau bertutur tersebut terjadi dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur interogatif dalam Interaksi guru dengan siswa PAUD Bougenville di lingkungan sekolah. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori tindak tutur menurut George Yule dengan teknik simak dan libat cakap dalam pengumpulan data. Objek penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa PAUD Bougenville. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menggunakan kalimat interogatif tidak langsung. Tuturan kalimat interogatif  tidak langsung diuraikan sebagai berikut 1) tuturan kalimat interogatif tidak langsung guru sebanyak 20 tuturan dan tuturan dari murid sebanyak 20.

Keywords


tindak tutur introgatif, pragmatik, PAUD, interaksi, usia dini

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (1996). Pragmatik. Yogyakarta: Pelajar offset pustaka.

Chaer, A.. (2003). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Cumings, L. (1999). Pragmatik. Multidisipliner Prespektif Sebuah. Yogyakarta: Pelajar offset Pustaka

Djadjasudarma, F. (2012). Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT. Refika Aditama

Markoem, M. (2017). Pragmatik dan Semantik. Tanggerang: PT. Pustaka Mandiri.

Nursalim, M.P., Aryani, Eti H. (2020). Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan : Unpam Press.

Susanto. (2011). Pragmatik Ilmu Pengantar. Bojonegoro: Press Rahma Rizki penerbit

Suyatno, S, Tri P, Didah N, & Lutfi S.F.. (2017). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Bogor: IN Media.

Tarigan, H. G. (2009) Pragmatik Pengajaran. Bandung: Angkasa Penerbit.

Yule. G. (2017). Pragmatik. Yogyakarta. Penerbit Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats