Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi

Nikfadatul Amriyah, Heri Isnaini

Abstract


Penelitian ini membahas bentuk dan penyebab terjadinya campur kode (CK) Sudjiwo Tedjo dalam acara dialog interaktif Indonesia Lawyers Club Episode Setahun Jokowi-Ma’ruf : Dari Pandemi sampai Demokrasi di TvOne. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif karena penelitian ini berisi tuturan yang mengandung campur kode pada subjek penelitian sehingga terjadinya campur kode dalam acara tersebut melalui pendekatan metodologi dan pendekatan teoritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah teknik simak dan  catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kontekstual yang terperinci pada konteks sosiolinguistik. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa wujud campur kode terdiri atas campur kode kata, frasa, dan klausa dengan rincian 22 kata, 3 frasa, dan 1 klausa. Penyebab sang budayawan melakukan campur kode dalam diskusi ILC ialah karena dari dirinya sendiri (pribadi pembicara), ragam bahasa, dan kata popular. Sudjiwo Tedjo melakukan campur kode murni karena keinginan pribadinya, baik murni karena keinginan dari dirinya sendiri dan kemahiran banyak bahasa yang ia kuasai. Selebihnya faktor penyebabnya ialah nyaman menggunakan bahasa popular masa kini.


Keywords


campur kode, dialog interaktif, kode, sebab campur kode

Full Text:

PDF

References


Bekty Tandaningtyas Sundoro, S. S. (2011). “Campur Kode Bahasa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan”. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Cicik Wahyu Kurniati1, R. W. (2012). “Campur Kode Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia pada Dialog antara Penyiar dan Pendengar Acara Balada Dangdut Language Code Mixed with Indonesian Language on a Dialogue between The Broadcaster and The Listener of Balada Dangdut in Radio Station Soka Adiswa”.

Endriani, N. (2017). “Ayu Dewi dalam Sarah Sechan”:. Edukasi Kultura.

Fathurrohman, H. R. (2012). Bentuk dan Fungsi Campur Kode dan Alih Kode pada Rubrik “Ah...Tenane” dalam Harian SOLOPOS.

Guntar, E. L. (2019). “Campur Kode dan Alih Kode Tim Pewawancara dengan Peserta Wawancara Beasiswa “ PIB Berbagi ” Tahun Akademik 2018 -2019 di Politeknik Internasional Bali”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4, 29-38.

Han, E. S. (2019). “Campur Kode Pada Judul Berita di Media Online Detik.Com Artikel”. Journal of Chemical Information and Modeling.

Madani, A. (2020, june). Analisis Campur Kode dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Analisis Campur Kode dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Lebaran Ala Corona : Kajian Sosiolinguistik.

Masitoh, S. (2013). “Campur Kode Bahasa Indonesia ke Dalam Bahasa Jawa Pada Siaran Radio Jampi Sayah di Radio SKB POP FM Gombong”. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa.

Nim, R. M. (2011). Analisis Campur Kode dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy.

Nirmala, V. (2013). “Alih Kode Dan Campur Kode Tuturan Tukul Arwana Pada Acara “Bukan Empat Mata”. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa.

Nuwa, G. G. (2017). “Campur Kode Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Alok Maumere Propisi Nusa Tenggara Timur”. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Palembang p–ISSN, 112-120.

Runtiko, A. G. (2016). “Analisis Percakapan Program Indonesia Lawyers Club Episode “Negara Paceklik, Perokok Dicekik?”. Jurnal Penelitian Komunikasi.

Siti Rohmani*, A. F. (2013). “Analisis Peristiwa Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi”. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya.

Suci Lestari, S. (2018). “Pengaruh Campur Kode Dalam Bahasa Indonesia Di Kalangan Mahasiswa Ikip Siliwangi Bandung”. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats