Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN Cirebon dan Upaya Kuratif Pembelajaran Menggunakan Whatsapp

Dede Endang Mascita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa  menulis teks eksposisi dan mengidentifikasi kelemahan-kelamahan penulisan teks eksposisi berdasarkan struktur dan fitur kebahasaan.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa karangan teks eksposisi hasil siswa kelas X MAN Cirebon. Datanya adalah kata, frase, dan kalimat yang berkaitan dengan objek yang akan diteliti yaitu struktur teks eksposisi dan fitur kebahasaan teks eskposisi dari karangan hasil siswa itu. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik baca catat. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif Milles dan Huberman, yaitu mengidentifikasi, menyajikan data, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa MAN Cirebon masih belum mampu menulis teks eksposisi dengan baik; 2)  teks eksposisi yang ditulis siswa  MAN Cirebon masih belum menunjukan struktur teks dan fitur kebahasaan yang sesuai dengan karakter teks eskposisi. 3) rekomendasi sebagai upaya kuratifnya adalah merancang tugas terstruktur untuk melatih menulis adalah memanfaatkan media ajar aplikasi WhastApp yang dilakukan di luar jam pembelajaran.


Keywords


teks eksposisi, struktur teks, fitur kebahasaan, media ajar whatsapp

Full Text:

PDF

References


Ajim, Nanang. 2015. Unsur Kebahasaan dalam Teks Eksposisi www.mikirbae. com /

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.Yogyakarta: Diva Press

Faulin ,A. , Sulistyaningrum, S. 2018. “Keefektifan Pembelajaran Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi dengan Model Group Investigation dan Model Student Team Achievment Division (STAD) pada Siswa Kelas X SMK”. JPBSI volume 7 no. 2. 2018 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Fitri Irwan, A., dkk. “Students’ Ability in Writing an Analytical Exposition Text at English”. JELT Vol 7 No. 1 March 2018 Journal of English Language Teaching ISSN 2302-3198 Published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt

Hasani, Aceng. 2005. Ihwal menulis. Banten: Untirta Press

Hediani, Ni Nengah. 2015. “Analisis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 2 Singaraja : Tinjauan Konteks Situasi” .JJPBS. Vol 3, No 1(2015)https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/5488

Kosasih, E.M. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya

Kurniawati,Dewi., Kurniawan,T.O. 2017. “Using Highlighted Journal Strategy in Teaching Analytical Exposition Text”. Jurnal Tadris Bahasa Inggris. pISSN 2086-6003│eISSN 2580-1449 Vol 10 (2), 2017, 194-210. UIN Raden Intan Lampung

Mafuroh, N.A.F, Ningrum,YS. 2019. “Coherence in Students’ Analytical Exposition Texts”. Journal of English Language Teaching ELT. FORUM 8 (1) (2019) ISSN 2252-6706 English Department, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Melia, 2019. Analisis Tata Tulis Karangan Eksposisi Kelas X IPS SMK Muhammadiyah Pontianak (Ditinjau Berdasarkan PUEBI). “Edukasi: Jurnal Pendidikan”. Vol. 17, No. 1, Juni 2019 ISSN 1829-8702 (Print) ISSN 2407-1803 (Online) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak,

Mendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan (Buku Siswa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Mendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan (Buku Guru). Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Mujtaba, Muhammad , Zuana, Mitra . 2019. “An Analysis of Students’ Writing Compositions of Analytical Exposition Text”. Jetal: Journal Of English Teaching & Applied Linguistics. Volume (01) Number (02) Page (59-68) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia

Priyatni, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rosmaya, Elin.2018. “Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP”. Deiksis. Vol 5, No 1 http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Salima, R., Surtiana, Hidayat, T. 2020. “Developing Students’ Writing Skill In Analytical Exposition Text Through Contextual Teaching and Learning (CTL)”. English Education and Applied Linguistics (EEAL) Journal. 35 Vol. 3 No.1, Feb 2020. Institut Pendidikan Indonesia

Satini, Ria. 2016. “Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Mind Map Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang”. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia.

Vol.2.no.2 (164-178)- STKIP PGRI Sumatera Barat ISSN: 2442-8485 E-ISSN: 2460-6319 http://dx.doi.org/10.22202/JG.2016.v2i2.976

Sudrajat, Ajat.,dkk. 2015. “Analisis Struktur Dan Kaidah Teks Eksposisi pada Harian Pikiran Rakyat Edisi Minggu Ke 2 Bulan Januari 2015 dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Memahami Teks Eksposisi di SMA Kurikulum 2013”. Repositori. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Kuningan




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats