Kemampuan Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Metode Simulasi Melalui Film Nyai Ahmad Dahlan pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus

Fitriyani Fitriyani, Irfai Fathurrahman

Abstract


Pengetahuan dalam bersastra yang harus dimiliki oleh siswa adalah kompetensi dalam menyusun teks cerita pendek. Dalam menyusun teks cerita pendek secara lisan diperlukan persiapan dan konsep yang terarah serta memiliki tujuan yang jelas dalam menghasilkan sebuah karya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menyusun teks cerita pendek pada siswa. Subyek  yang diambil penelitian ini adalah siswa dari SD Muhammadiyah Kudus, sehingga tema yang dipilih yaitu tentang pengenalan perjuangan tokoh emansipasi perempuan Aisyiyah  yaitu Nyai Ahmad Dahlan. siswa  diajak untuk bisa meneladani perjuangan dan juga bisa menceritakan kembali secara lisan melalui metode simulasi.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif-kuantitatif yaitu pengambilan data siswa melalui pretest dan juga posttest. Penilaian diambil dari sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan juga keterampilan. Berdasarkan hasil dari rekap data yang diperoleh, dari aspek spiritual dan aspek sosial memperoleh predikat “sangat baik”, dengan rata kenaikan nilai spiritual setelah diberikan perlakuan yaitu 88,25 dan nilai rata-rata  sikap sosial meliputi percaya diri, toleransi, tanggungjawab, santun adalah  94,48. Data nilai pengetahuan siswa  sebesar 86,49  dan juga nilai keterampilan 83,45 termasuk dalam kategori “Baik”. Sehingga setelah diberikan perlakuan berupa penayangan film pendek dengan judul Nyai Ahmad Dahlan, maka siswa bisa menyusun kembali cerita pendek secara lisan melalui metode simulasi.

Keywords


cerita pendek , metode simulasi, media tayangan, film, nyai ahmad dahlan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media dan Pembelajaran. Jakarta : Grafindo Persada.

Aqib, Zaenal.2013. Model-Model, Media serta Strategi Pembelajaran Kontekstual.Bandung : Yrama Widya.

Brown, H. D and Terrell, T. D. 2006. Principles of Language Learning and Teaching. Language. : 10.2307/414380.

Cohen, A. D. and Dörnyei, Z. 2002. Focus on the Language Learner.An introduction to Applied Linguistics. 2. pp. 161–178.

Demangeon, A. and Low, E. F. 2006. “The British Empire: A Study in Colonial Geography”. The Geographical Journal. 66(4). p. 372.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatin, Idhoofiyatul. 2016. “Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul)”. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Vol 2. No 1.

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati. 2013.Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harjanto, Albertus Novan Dwi. 2018. Pengaruh Kedisiplinan Belajar, Gaya Belajar, dan Minat Baca Mahasiswa terhadap Bakat Keguruan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar.2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Karwono dan Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lucas, Budi Husada. 2019. Gaya dan Strategi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Santana Yogyakarta.

Soeparno, 1980. Media Pengajaran Bahasa.

Yogyakarta: Intan Pariwara

Subyantoro,2013. Pembelajaran Bercerita,

Yogyakarta: Ombak

Sari, P. 2016. “Minat Baca Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen Terhadap Novel Populer”. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol 3, No.1

Saraswati, Ika Yuwana. 2015. Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dalam Belajar Bahasa Indonesia melalui Strategi Belajar Kognitif. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Wang,Shuyan, Hong Zhan.2010.” Enhanching Teaching and Learning With Digital Storytelling”. USA Journal of Information and Common

Widagdo, Bayu dan Winastwan Gora. 2007. Bikin Film Indie Itu Mudah. Yogyakarta: Andi Offset.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats