Metafora Bahasa Aceh pada Komentar Akun Instagram @tercyduck.aceh

Rahmad Nuthihar, Riza Hasan, RN Herman, Mursyidin Mursyidin, Wahdaniah Wahdaniah

Abstract


Artikel ini membahas metafora bahasa Aceh yang terdapat pada komentar akun Instagram @tercyduk.aceh. Penelitian ini bertujuan menemukan jenis metafora yang dipakai oleh pengguna Instagram saat memberikan komentar. Sumber data penelitian ini diperoleh pada kolom komentar akun Instagram @tercyduk.aceh sementara yang dijadikan data penelitian ini adalah komentar yang mengandung metafora. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Pengolah data dilakukan dengan tahapan seleksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metafora struktural dipakai untuk mengatakan suatu konsep ditransfer dengan menggunakan konsep yang lain, sementara metafora orientasional dipakai untuk mengatakan hal-hal yang berhubungan dengan orientasi pengalaman manusia. Selanjutnya, metafora ontologis didasarkan atas kejadian. Jumlah metafora yang ditemukan dalam penelitian ini yakni, metafora ontologis sebanyak 10, metafora struktural 8, dan metafora orientasional 6. Penelitian ini juga menemukan bahwa untuk mendukung ataupun memperkuat gagasan metafora dipakai emotikon pada bagian akhir komentar. Selain itu, metafora yang digunakan oleh pengguna Instagram juga mengarah pada kata makian. Hal itu disebabkan metafora merupakan salah satu gaya bahasa untuk mengatakan kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.

Keywords


metafora struktural, metafora orientasional, metafora ontologis, bahasa aceh

Full Text:

PDF

References


Aulia, Z. N. and Nur, T. (2020) ‘Metafora Konseptual dalam Rubrik Unak-Anik Kahirupan Majalah Online Manglé : Analisis Semantik Kognitif’, Lokabasa, 11(2), pp. 226–236. doi: 10.17509/jlb.v11i2.25251.

Azwardi (2017) Binatang dalam Peribahasa Aceh. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bustomi, B. (2019) ‘Wajah Bangsa dalam Cermin Budaya Berbahasa’, Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), p. 17. doi: 10.29300/disastra.v1i2.2054.

Dewi, F. P. K., Astuti, P. P. and Novita, S. (2020) ‘Metafora dalam Lirik Lagu Agnez Mo: Kajian Semantik’, Asas: Jurnal Sastra, 9(2), pp. 72–80.

Eliya, I. (2017) ‘Eufemisme dan Disfemisme dalam Catatan Najwa †œ Darah Muda Daerahâ€: Pola, Bentuk, dan Makna’, Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), pp. 22–30.

Genovesi, C. (2020) ‘Metaphor and What is Meant: Metaphorical Content, What is Said, and Contextualism’, Journal of Pragmatics, 157, pp. 17–38. doi: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2019.11.002.

Harun, M., Qismullah Yusuf, Y. and Karnafi, M. (2020) ‘Figurative Language Used in A Novel By Arafat Nur on The Aceh Conflict’, Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(2), pp. 395–400. doi: 10.34044/j.kjss.2020.41.2.12.

Haula, B. and Nur, T. (2019) ‘Konseptualisasi Metafora dalam Rubrik Opini Kompas: Kajian Semantik Kognitif’, RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), p. 25. doi: 10.26858/retorika.v12i1.7375.

Idris, M. (2019) ‘Metafora dalam Kebudayaan Islam Melayu Sumatera Selatan’, Kalpataru, 5(2), pp. 126–140.

Indika, D. R. and Jovita, C. (2017) ‘Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen’, Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), pp. 25–32.

Keraf, G. (2009) Diksi dan Gaya Bahasa [Diction and Language Style]. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lakoff, G. and Johnsen, M. (2003) Metaphors We Live By. Chicago: The University of Chicago.

Lyra, H. M. (2016) ‘Peranti Lingual Metafora Orientasional Bagian Tubuh dalam Bahasa Sunda’, Riksa Bahasa, 2(1), pp. 42–47.

Mursyidin et al. (2020) ‘Understanding Acehnese Proverbs and Their Relation to the Community Work Ethics’, IJELR: International Journal of Education, Language and Religion, 02(1), pp. 11–16.

Nugraha, A., Sudrajat, R. H. and Putri, B. P. S. (2015) ‘Fenomena Meme di Media Sosial: Studi Etnografi Virtual Posting Meme pada Pengguna Media Sosial Instagram’, Jurnal Sosioteknologi, 14(3), pp. 237–245.

Pramiyanti, A. and Christin, M. (2014) ‘Makna Simbol Emotikon dalam Komunitas Kaskus’, Jurnal Sosioteknologi, 13(2), pp. 113–119.

Purnomo, A. C. and Muhibbin, A. (2018) Analisis Semiotika Terhadap Penggunaan Emoticon Whatsapp dalam Komunikasi Interpersonal antar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ray, S. A. (2019) ‘Analisis Jenis-jenis Metafora dalam Surat Kabar: Kajian Semantik [Analysis of Types of Metaphor Types in Letters: Semantic Studies]’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), pp. 146–150. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226.

Subagyo, P. A. (2002) ‘Metafora dalam Wacana Tajuk Tentang Terorisme di Harian Kompas dan Koran Tempo’, Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 8(1), pp. 35–43.

Wiradharma, G. and WS., A. T. (2016) ‘Metafora dalam Lirik Lagu Dangdut: Kajian Semantik Kognitif’, Arkhais, 7(1), pp. 5–14. doi: 10.30742/sv.v1i2.737.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats