Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati

Putri Ayu Tarwiyati, Atiqa Sabardila

Abstract


Masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan tata bahasa pada karangan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati, seperti ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, serta semantik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan tata bahasa dalam karangan siswa SMP kelas VIII F dalam hal ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, serta semantik untuk meminimalkan sekaligus mengatasi terjadinya kesalahan di waktu mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Sumber data dari penelitian ini berupa karangan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat dalam karangan karya siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes, teknik simak, dan teknik catat. Selanjutnya data-data yang diperoleh divalidasi menggunakan teknik triangulasi melalui analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam karangan siswa ditemukan kesalahan berbahasa dalam lima bidang, yaitu meliputi bidang ejaan yang mencapai 40 (57,14%) kesalahan, bidang fonologi mencapai 8 (11,42%) kesalahan, bidang morfologi mencapai 10 (14,28%) kesalahan, bidang sintaksis mencapai 9 (12,85%) kesalahan, dan bidang semantik mencapai 3 (4,28%) kesalahan. Jenis kesalahan berbahasa yang paling banyak ditemukan yaitu dalam bidang ejaan yang mencapai 40 (57,14%) kesalahan.


Keywords


kesalahan berbahasa, karangan siswa, kelas VIII SMP N 2 Kayen

Full Text:

PDF

References


Andini, F. N. (2019). Analisis Kesalahan Pemenggalan Kata dan Kosakata Baku pada Kolom Opini Koran Tanjungpinang Pos Edisi Mei 2018. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Aprianti, R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bagian Pendahuluan Skripsi Mahasiswa IAIN Bengkulu. IAIN Bengkulu.

Asih, I. R. (2021). Analisis Kesalahan Struktur Teks dan Ejaan pada Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Kedungbetik Kesamben Jombang. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Eriyani, N. D. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita Online Solopos Edisi 4 Desember 2019.

Fadli, F., Nasaruddin, & Intiana, S. R. H. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca Dan Hurup Kapital Dalam Karya Surat Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 138–141.

Fatimah, & As’ad. (2020). Penggunaan Huruf Kapital pada Karangan Narasi Siswa KELAS VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 17 Ciputat. Jurnal Pujangga, 6(1), 30–47.

Fernando, M., Basuki, R., & Suryadi. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Morfologi pada Karangan Siswa Kelas Vii, Smpn 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 72–80.

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.

Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik Dimensi Linguistik, 1(1), 8–18.

Ihsan, B. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Bumirejo Kepohbaru Bojonegoro. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 42--49.

Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–14.

Martini, A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Cilengkrang Kabupaten Sumedang. Jurnal Artikula, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.30653/006.201922.28

Nafinuddin, S. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(01), 1–10.

Naimatul Hidayah, & Rahayu Pujiastuti. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan Karangan Peserta Didik Kelas VIII A SMPN 35 Surabaya. Buana Bastra, 7(2), 19–25.

Nentia, A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi Pada Berita Pinggir-Duri-Dumai Surat Kabar Riau Pos. Universitas Islam Riau.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218–224.

Pandini, I. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMAN 5 Model PALU. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(4), 81–89.

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21.

Ramadhiyanti, Y. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis Mahasiswa dalam Menulis Paragraf Menggunakan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 276–288.

Reistanti, A. P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas Viii E Di Smp 2 Muhammadiyah Surakarta. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 126. https://doi.org/10.23917/kls.v2i2.6735

Sari, I. Y. (2017). Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Ciamis. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 243–248.

Septiawan, E., S., A. E. R., & Subaharianto, A. (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Papan Nama Instansi dan Layanan Niaga di Kabupaten Jember. Publika Budaya, 1(1), 1–10.

Setia, R. B. J., Zahar, E., & Rahima, A. (2018). Penggunaan Media Lagu Pop dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Realis Siswa Kelas IX A SMP Negeri 9 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 183–191.

Setyawan, R. S., & Sabardila, A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tabloid Kontan dalam Kolom Bisnis Edisi Juni-September 2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suryadi, T., Oktaviani, U. D., & Riyani, A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Koran Kapuas Post Sintang Edisi Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2018. Jurnal Kansasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–12.

Wahyuni, U., & Sari, M. M. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 125–135.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.4765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats