Relevansi Strategi dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring di Kelas XII SMA Islam Karangrayung

Neneng Wicayanti, Miftakhul Huda

Abstract


Keberhasilan dalam pembelajaran dalam jaringan dipengaruhi oleh materi, strategi, dan media yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan media belajar harus dilakukan dengan penuh pertimbangan karena hal tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi dan strategi pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMA yang digunakan untuk pembelajaran dalam jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan model analisis penelitian data Strauss dan Corbin. Data dalam penelitian ini berupa materi dan strategi yang dipilih guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam jaringan di kelas XII SMA Islam Karangrangrayung. Pembelajaran yang diambil melalui buku tugas dan materi yang dipakai dalam pembelajaran  yang dijadikan sebagai data penelitian. Analisis model Strauss dan Corbin (grounded therory) yang dibagi dalam tiga jenis pengodean utama yaitu pengodean terbuka (opening coding), pengodean berporos (axias coding), dan pengodean selektif (selective coding). Hasil dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan berbagai materi dan strategi yang dipergunakan untuk pembelajaran serta relevansi dari materi dan strategi yang telah dipilih untuk membantu guru menyampaikan materi secara online.


Keywords


pembelajaran dalam jaringan, relevansi, materi, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ana, S. S. (2020). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. KOMPAS. com. https://www.google.com/amp/5/amp.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19

Adiningsih, Yulia. (2019). Tanda Baca Penanda Kalimat dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Tekstual, 7(1).

Aqmarani, Andini. Dkk. (2020). Evaluasi Pembelajaran pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2).

Asyrofi, M. Dkk. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditijau dari Multiple Intellingence pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1).

Ferywidystuti, Setya. (2019). Pengembangan Buku Ajar Fisika Optik Berbasis Soft-Skill. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1).

Hasnida. Dkk. (2019). Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Pengintegrasian Kurikulum 2013 Paud dengan Aik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 4 Tebet Timur, Jakarta Selatan). Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, 2(1).

Mawardi, Rizal. (2019). Penelitian Kualitatif: Pendekatan Grounded Theory. Perbanas Institute.

Mujiono, Dwi Setia. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Sentra Persiapan Menggunakan Video Youtobe di Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 13(1).

Pertiwi, Nastiti. Dkk. (2019). Minat Perilaku Penggunaan Youtube sebagai Sumber Pembelajaran dengan Pendekatan TAM. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1).

Pratiwi, Brillianing. Dkk. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2).

Purmadi, Ary. Dkk. (2018). Pengembangan Kelas Daring dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2).

Rismawati. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Power Point pada Pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Perkembangbiakan Manusia Kelas VI SDN 132409 Tanjungbalai. Sabilarraspao, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1(1).

Rozalina. (2020). Manajemen Pembelajaran Digital melalui Aplikasi Youtube. Seminar Nasional Pendidikan PPs Universitas PGRI Semarang.

Suratun. Dkk. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Channel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 1(3).

Susanti, Try. Dkk. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ45 (Preview, Quistion, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Siswa Madrasah Tasanawiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2).

Susilowati, Eka. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3).

Zaini, Faridatul Kibatiyah. Dkk. (2021). Implementasi Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang. VICRATNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4).

Zainudin. Dkk. (2021). Efektifitas Pembelajaran Hybrid Learning Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Kuliah IPA SD Kelas Rendah. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i1.5082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by: 

                Hasil gambar untuk academia.edu    

 

View My Stats