Kritik Nalar Integrasi Keilmuan dI PTKIN: Mengusung Keilmuan Tabot dan Domestifikasi Studi Keislaman Berwawasan Kebangsaan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Latif, 2019. Tokoh-tokoh Ilmuwan Islam, (http://al-anwarkadugedekuini.blogspot.co.id/, diakses pada 20 Agusutus 2019
Abdul Mukti Rouf, 2018. Kritik Nalar Arab Muhammad Abid Al Jabbiri, Jogjakarta Lkis
Abdussalam. 1983. Sains dan dunia Islam, terj. Baiquni, Bandung: pustaka. Al-Qardhawi
Ahmad Najib Burhani, 2014. Kitab Kuning dan Kitab Suci: Membaca `Abid al-Jabiri dengan Perspektif NU dan Muhammadiyah. Naskah AICIS
Amnah Qurniati Amnur. 2017. Sejarah Perkembangan pendidikan Islam di Bengkulu Abad XX. Disertasi UIN Jogjakarta
Augustina Kurniasih. (2010). Hubungan sain dan Agama.
Azyumardi Azra. 1999. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Boy ZTF, Pradana dan M Hilmi Faiq (eds.). 2004. Kembali ke Al-Qur‟an, menafsir makna zaman. Malang: UMM Press
Charles Kurzman (Ed.), 1988. Liberal Islam A Sourcebook, New York:Oxford University Press.
Dahri, Harapandi, 2009. Tabot (Jejak Cinta Keluarga Nabi di Bengkulu), Jakarta: Pemikat Citra.
Durkheim, Emile. 2011. The Elementary Form of The Religious Life, Sejarah Bentuk-Bentuk Agama yang Paling Dasar, Terj : Inyiak Ridwan Muzir dan M.Syukri, Jogjakarta : IRCiSoD, 2011
Elisabeth Rukmini, 2019, Belajar dari Singapura, Dongkrak Kualitas Universitas Bukan Cuma Impor Rektor Asing,
Fadrik Aziz Firdausi. 2019. Galileo Dikucilkan Gereja Karena Membela Sains, 8 Januari 2019, https://tirto.id/galileo-dikucilkan-gereja-karena-membela-sains-dc8v
Fauzan. 2005. “Menimbang Sisi Positif Perlunya Pembaruan Pendidikan Islam” dalam Sejarah Sosial Pendidikan Islam, ed. Suwito dan Fauzan. Jakarta: Kencana.
Frans Magnis Suseno dalam https://www.dw.com/id/romo-magnis-pendidikan-budaya-di-indonesia-dihabisi-oleh-formalisme-agama/a-40840690
G.F. Pijper, 1987. Fragmenta Islamica Beberapa Studi Mengenai Sejarah Islam di Indonesia Awal AbadXX, terj. Tudjimah Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Hilda Taba, 1962. Curriculum Development: Theory and Practices, (New York: Harcout, Brace and World, Inc., 1962
Husniyatus Salamah Zainiyati. 2016. Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel: Dari Pola Pendekatan Dikotomis Ke Arah Integratif Multidisipliner-Model Twin Towers, UIN Apel Press
Imam Suprayogo, 2016. Membangun Itegrasi Ilmu Dan Agama : Pengalaman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Makalah ini disampaikan pada kegiatan seminar di IAIN Batu Sangkar pada tanggal 15 Oktober 2016
Ismail al-Frauqi, 1994. Dialog Tiga Agama Besar, Surabaya: Pustaka Progressif,
Karel A. Steenbrink, 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah (Jakarta: LP3ES The Columbia Encyclopedia (1963) NY & London: Colombia University Press.
-----------------, 2004. Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana.
M Amin Abdullah, 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-----------------------, 2005. ”Desain Pengembangan Akademik IAIN menuju UIN Sunan Kalijaga”, dalam Zainal Abidin Bagir, dkk, editor, Integrasi Ilmu dan Agama Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan.
Mujiburrahman, 2008, Mengindonesiakan Islam, Pustaka Pelajar Jogjakarta.
Nana Syaodih, 2009. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noorhaidi Hasan, 2011. “Islamizing Formal Education: Integrated Islamic School and New Trend in Formal Education Institution in Indonesia” Artikel Online di S. Rajartanam School of International Studies Singapore, Februari 2011.
Nur Syam, “Integrative Twin Tower: Arah Islamic Studies Ke Depan”, /?p=1081, diakses tanggal, 9 Maret 2011
Parluhutan Siregar, 2014. Integrasi ilmu-ilmu keislaman dalam perspektif Amin Abdullah, MIQOT Vol. XXXVIII No. 2 Juli-Desember.
Robald Luken Bull 2013. Islamic Higher Education in Indonesia: Contiunity and conflic, Pilgrave Mc Millan, USA. Hal 114
Sayeed, S. M. A. 1995. The myth of authenticity: a study in Islamic fundamentalism. Karachi: Royal Book Co.
Suyatno, 2015. Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional, Jurnal Pendidikan Islam Volume IV, Nomor 1, Juni 2015, 77
Tanner Daniel & Tanner Laurel. N., 1980. Curriculum Development, New York: Mac Millan Publishing co., inc.
Wirna Khusnul Urifah, 2010. Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan menurut Syed Naquib al-Attas dan Ismail Raji al-Faruqi (Studi Perbandingan). Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Yudian Wahyudi, 2012. The Slogan ‘Back to the Al qur an and Sunna’ a Comparative study of the responses Hasan hanafi, Muhammad al jabiri and Nurcholis Madjid. Disertation (Canada Mcgill University Montreal )
---------------------, 2010. Dinamika Politik Kembali ke Al Quran dan Assunah di Mesir, Maroko dan Indonesia. Pesantren Nawasea, Jogjakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpkth.v9i2.3586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis
Indexing by :

_________________________________________________
El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia