Reward and Punishment dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa

Widiya Astuti Alam Sur, Yulima Melsipa Lingga

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa XI.IPS3 di SMAN 8 Bulukumba. Tindakan yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran yang berbasis masalah, dan memberikan Reward serta Punishment baik materil maupun inmateril pada proses pembelajaran di setiap siklus tindakan kelas. Teknik pengumpulan data untuk penilaian kreativitas siswa adalah observasi kreativitas belajar matematika siswa oleh guru dan peneliti, serta pengisian angket kreativitas oleh siswa di setiap siklus tindakan kelas. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas belajar matematika siswa untuk setiap indikator kreativitas belajar siswa dengan persentase 60,7% siswa termasuk dalam kategori cukup kreatif pada siklus I, menjadi 76,7% pada siklus II.


Keywords


kreatvitas belajar matematika, pembelajaran berbasis masalah, reward and punishment

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Beetlestone, F. (2012). Creative Learning Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa (Narulita Y). Bandung: Nusamedia.

Elhefni. (2008). Penerapan Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Prestasi di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Jurnal Ta’dib Vol.XIII No.01. 37

Gaza, M. (2012). Bijak Menghukum Siswa: Pedoman Tanpa Kekerasan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Herman, T. (2007). Pembelajara Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(11), 47–56.

Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Paduppai, D. (2007). Pengaruh Pendekatan Open Ended Problem dalam Proses Pembelajaran Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Eksponen, 6(1), 152.

Purwanto, M. N. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: Diva Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i1.2560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors