Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat Kelas IX MTs Az-zahra Parongpong dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)

Anti Maspupah, Mamay Meilani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah menggunakan Model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan fungsi kuadrat kelas IX di MTs Az-zahra Parongpong? Tujuannya untuk menelaah peningkatan penguasaan materi fungsi kuadrat pada siswa kelas IX MTs Az-zahra Parongpong melalui model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX MTs Az-zahra Parongpong tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek penguasaan siswa terhadap materi fungsi kuadrat mengalami peningkatan karena dari soal yang diujikan dalam setiap tes, semakin banyak siswa yang menunjukkan peningkatan aspek tersebut dalam jawabannya. Nilai rata-rata hasil tes siklus I yaitu 61,5 meningkat sebesar 19,00 dibanding nilai rata-rata awal yaitu 42,50. Nilai rata-rata siklus II yaitu 74,5 meningkat sebesar 32,00 dari rata-rata hasil tes awal dan sebesar 13,00 dibanding rata-rata hasil tes siklus I. Kesimpualan khusus dari hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat.


Keywords


Matematika; Hasi Belajar; Numbered Heads Together

Full Text:

PDF

References


Amran, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Persamaan Eksponensial Melalui Model NHT. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 3(1), 30-35.

Andri, A., & Purwanti, R. S. (2019). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Number Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-37.

Aunurrahman, A., Musa, M., Suhaida, D., Lahir, M., & Dediansyah, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Di Kabupaten Sekadau. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1-13.

Budiyanti, E., Kusuma, A. P., & Arihati, D. B. (2019). Penerapan Metode MMP dan NHT terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi TRIGONOMETRI. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1:), 25-30.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65.

Ibrahim, M. I., Dassa, A., & Dinar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 26-32.

Irfan, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT dengan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), 31-36.

Lyesmaya, D., & Wardana, A. E. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPD di Kelas. JURNAL UMMI, 13(2), 149-156.

SOLIKAH, I. (2019). Mewujudkan Guru SD Yang Ideal.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i1.2563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors