Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom

Deliane Rahmawati

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan pengetahuan universal yang mempunyai peranan penting dalam disipin ilmu. Materi perbandingan adalah materi matematika yang di ajarkan di SMP kelas VII dan banyak memiliki kontribusi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi, bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal perbandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kesulitan-kesulitan siswa dalam memecahkan masalah pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik tes dan wawancara. Penyebab kesulitan siswa antara lain: pemahaman konsep perbandingan yang masih rendah, kurangnya keseriusan dalam mempelajari materi perbandingan. Kurangnya komunikasi antara guru dan siswa di kelas, ketidak mampuan menerjemahkan soal cerita. Jarak waktu pemberian tes dengan materi cukup jauh dan kurangnya minat atau kemauan dalam mempelajari materi perbandingan.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada materi Perbadingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Pendidikan Matematika E-Pensa, o1, 3.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., Setyadi, D., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. 3(2), 315–322.

Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dediknas RI.

Hamidah, D., Ilma, R., & Putri, I. (2017). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. 1(1), 1–10.

Listiani, R., Hidayat, A., & Maspupah, M. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. 7(1).

Melanie, M. E., Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2019). Deskripsi Proses Penyelesaian Soal Cerita Materi Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.(Online), (https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004), diakses 20 November 2019

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. (Online), (https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88), diakses 19 November 2019

Setioyowati, L., Wijonarko, & Sulianto, J. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas 3 Sd. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. (Online), (https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004), diakses 19 November 2019

Tampubolon, T., & Sitindaon, S. F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan. 1(Nomor 3), 200–207.

Utari, R. S., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2015). Konteks kebudayaan palembang untuk mendukung kemampuan bernalarsiswa smp pada materi perbandingan. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 27-37.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i1.2647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors