Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa SMP dalam Materi Aritmatika Sosial

Desianty Nur adilla

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena hasil dari kemampuan penalaran matematis siswa dan Self confidence  yang masih tergolong dalam kategori rendah . maka dari itu peneliti mengambil tujuan pada penelitian ini adalah : 1) ingin mengetahui bagaimana tingkat kemampuan penalaran siswa yang  dilihat dari hasil pencapaian KKM; 2) mengetahui kesalahan siswa pada setiap indikator pada kemampuan penalaran matematik; 3) mengetahui bagaimana tingkat kategori Self confidence siswa pada setiap butir pernyataan. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada Mts Assu’ada. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen soal tes, instrumen non tes berupa angket, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran dan self confidence siswa kelas  VII pada Materi Aritmatika Sosial termasuk dalam kategori rendah. Hal in dapat di lihat dari hasil penelitian kemampuan pemahaman yaitu hanya 7 orang atau 30,4 % yang mencapai nilai KKM dan pada hasil self confidence hanya 5 orang atau 21 % yang memiliki self confidence yang tinggi.

Kata kunci : Kemampuan Pemahaman, Self Confidence, Aritmatika Sosial.

 


Keywords


Understanding ability; confidence;social arithmetic

Full Text:

PDF

References


Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. 5(1), 33.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. 9(1), 10.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Intrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi,Penalara, dan Koneksi Matemati dalam Konsep Integral. 13(1), 44–5248.

Sumartini, Sri, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis. 5(1), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.2808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN FAS Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by :

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBARDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBARDESKRIPSI GAMBAR

Program Studi Tadris Matematika UIN FAS Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 822 8168 8976

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors