Efektifitas Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pendidikan Karakter Berdasarkan Teori Al-Ghazali

Nova Kusumawati

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan melihat efektifitas perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter Al-Ghazali dengan strategi pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran matematika. Integrasi ini diwujudkan dalam perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Adapun pendidikan karakter Al-Ghazali yang dikolaborasikan dibatasi pada karakter mandiri, tanggung jawab, kerja keras dan komunikatif. Alur pengembangan perangkat mengacu pada teori Plomp dengan tahapan yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pembuatan dan tahap penilaian. Uji coba perangkat dilakukan pada 34 siswa kelas VII setelah perangkat dinyatakan valid dan praktis oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa dengan persentase 97.19% dan 98.44%. Sedangkan keterlaksanaan sintaks menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata 3.85 dan 3.875. Selanjutnya respon siswa pada pembelajaran masuk kategori positif dengan rata-rata 73.03%. Dengan kata lain, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Teori Al-Ghazali, Think Pair Share (TPS)

 

ABSTRACT

This research aims to understand the effectiveness of learning media that integrates character building education of Al-Ghazali with the Think Pair Share learning strategy in mathematic learning activity. This integration created in form of Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) and Lembar Kerja Siswa (LKS). The character building education collaboration is limited only on some characters, they are stand-alone, responsible, hard-working, and communicative. The flow of this research development refers to the Plomp’s theory for beginning investigation step, processing step, and evaluating step. The learning media is tested to 34 students at first year junior high school since the evaluator of learning media states valid and practicability. The result of this research shows the students’ being active in the learning activity with the percentage 97.19% and 98.44%. Meanwhile, the syntax implementation shows a very good result with average 3.85 and 3.875. After that, the students’ responds to this learning activity is categorized as positive as the average 73.03%. On the other words, this learning media developedt is stated as effective.

Key words: Character Education, Theory of Al-Ghazali, Think Pair Share (TPS)


Keywords


Pendidikan Karakter, Teori Al-Ghazali, Think Pair Share (TPS)

Full Text:

PDF

References


Akhirman. (2017). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Yang Membumi Di Bumi Pat Petulai Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Smp IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2:1, 82.

Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin. (M. Zuhri., M. Mochtar., & M. Misbah, Trans.). Semarang: CV. Asy-Syifa’. (Cet. 30 2009)

Elfheni (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Hasil Belajar di Sekolah. Ta’dib,16:2, 307.

Hartini. Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Unnes Journals, 7:2, 135.

Islam, Fahrul, & Akbar, M. U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Melatih Sikap Sosial Siswa Kelas X SMAN 8 Makassar. Jurnal Chemica, 17:1, 25.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2003).

Kurnanto, M. E. (2011). Pendidikan Dalam Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Khatulistiwa, 1:2, 168.

Lukman, L. (2016). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak (Tesis: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Malang. (100).

Purnama, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Islamic Conseling, 01, 24.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal At-Ta’dib, 10:2, 379.

Zulhijrah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Tadrib, 01:01, 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors