Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19
Widiya Astuti Alam Sur, Minhatul Hasanah, M.Rochmat Mustofa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar statistik mahasiswa program studi DIII Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang melibatkan 50 responden yang telah mengikuti perkuliahan Statistika secara daring pada masa pandemi Covid-19. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang dibagikan melalui link Google Form untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring adalah . Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai thitung=4,419yang kemudian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran secara daring berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa selama masa Pandemi Covid-19. Berdasarkan nilai =0,289, maka sebanyak 28.9% motivasi belajar mahasiswa pada MK Statistik dipengaruhi oleh sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Beetlestone, F. (2012). Creative Learning Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa (Narulita Y). Bandung: Nusamedia.
Elhefni. 2008. Penerapan Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Prestasi di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Jurnal Ta’dib Vol.XIII No.01. 37
Gaza, M. (2012). Bijak Menghukum Siswa: Pedoman Tanpa Kekerasan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Herman, T. (2007). Pembelajara Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(11), 47–56.
Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Paduppai, D. (2007). Pengaruh Pendekatan Open Ended Problem dalam Proses Pembelajaran Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Eksponen, 6(1), 152.
Purwanto, M. N. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: Diva Press