Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19

Widiya Astuti Alam Sur, Minhatul Hasanah, M.Rochmat Mustofa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar statistik mahasiswa program studi DIII Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang melibatkan 50 responden yang telah mengikuti perkuliahan Statistika  secara daring pada masa pandemi Covid-19. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang dibagikan melalui link Google Form untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan  hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring adalah . Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai thitung=4,419yang kemudian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran secara daring berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa selama masa Pandemi Covid-19.  Berdasarkan nilai =0,289, maka sebanyak 28.9% motivasi belajar mahasiswa pada MK Statistik dipengaruhi  oleh sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan.


Keywords


pembelajaran daring;covid-19;motivasi belajar;statistik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Beetlestone, F. (2012). Creative Learning Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa (Narulita Y). Bandung: Nusamedia.

Elhefni. 2008. Penerapan Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Prestasi di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Jurnal Ta’dib Vol.XIII No.01. 37

Gaza, M. (2012). Bijak Menghukum Siswa: Pedoman Tanpa Kekerasan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Herman, T. (2007). Pembelajara Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(11), 47–56.

Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Paduppai, D. (2007). Pengaruh Pendekatan Open Ended Problem dalam Proses Pembelajaran Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Eksponen, 6(1), 152.

Purwanto, M. N. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas: Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: Diva Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors