Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan PADA MATERI HIMPUNAN

Sepi Wulandari, Deni Febrini, Fatrima Santri Syafri

Abstract


Penelitian ini adalah untuk  mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yaitu Modul terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi Himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi Himpunan yang valid.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian  pengembangan  (research and development) . Model pengembangan modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi Himpunan.  Metode penelitian yang digunakan adalah development research  dengan Model Plomp terdiri dari 5 tahap yang terdiri dari tahapan pengkajian awal (preliminary investigation),  perancangan  (design),  realisasi/kontruksi (realization/construction), tes, evaluasi, revisi (test, evaluation, and revision), dan implementasi (implementation). Kualitas kevalidan modul memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian oleh empat orang validator, yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli integrasi Islam. Dari rata-rata hasil validasi dari empat validator tersebut memperoleh hasil rata-rata 84% berarti memenuhi kriteria sangat valid. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya mengimplementasikan  secara terbatas  yaitu modul sampai kelayakan valid saja pada dikarenakan keterbatasan waktu dan virus yang mewabah pada saat ini. Maka peneliti mengharapkan adanya penelitian selanjutnya yaitu efektifitas dan praktis supaya peserta didik termotivasi untuk belajar matematika.  

 

 


Keywords


Pengembangan, Modul, Integrasi Islam, Pendekatan Saintifik,

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. 2014. Matematika Dalam Al-Quran. UIN Maliki Press, Malang. Gajayana,

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.

BNSP. 2006. Komponen pembelajaran Matematika SMP, h.140

Cholik, M.A. 2016. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester I, Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi 2016. Jakarta : Erlangga.

Hamzah, F. 2015. “Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah,” Journal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, September ISSN 2502-0668.

Hilal, M. 2009. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Alfatih.

Kemendikbud. 2014. Pembelajaran Matematika dalam Implementasi kurikulum 2013. hal. 5

Nihayati. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an), Pendidikan Matematika STKIP Muhamadiyah Pringsewu Lampung Jurnal Edumath , Volume 3 No. 1, Januari Hlm. 65-77

Putro, W.E. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta :Pustaka Belajar, hal. 21

Salafudin, 2015. Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam, Jurnal Penelitian 12, No. 2: 223-243.

Sani, R.A., dkk. 2018, Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Tira Smart. Gerbang Raya

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A., dkk., 2016. “Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014,” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26, No. 1, Juni, ISSN: 1412-3835, hal. 5




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by

============================================================================================

Location