Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial

Rintan Rintan Nurhabibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah dalam soal aritmatika sosial, serta melihat variasi dari kemampuan yang dikuasai oleh siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis hasil penelitian di peroleh bahwa kesalahan siswa dalam beberapa indikator masih besar presentase kesalahan yang di lakukan dalam menjawab soal aritmatika sosial, baik dalam pemahaman informasi yang di peroleh dari soal serta dalam pemilihan strategi penyelesaian, dan sebagian dari siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang dikerjakan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors