Pengembangan Bahan Ajar Matematika (Komik) Yang Terintegrasi Ajaran Islam

Wahyuni Puji Lestari, Fatrima Santri Syafri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengembangan Bahan Ajar Matematika (Komik)  Terintegrasi Ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: Investigasi awal, Pembuatan Prototipe dan penilaian produk. Uji pengembangan dilakukan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang peserta didik dan 1 orang guru Mata Pelajaran Matematika. Hasil dari penelitian ini diperoleh data hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor 84,61% dengan kategori sangat valid, validasi ahli agama diperoleh skor 85,71% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli media diperoleh skor 93,18% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi diperoleh skor 81,66% dengan kriteria sangat valid selanjutnya bahan ajar diperbaiki sesuai dengan saran dari validator. Uji coba produk dengan melakukan uji praktikalitas oleh guru diperoleh skor 84,61% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas kepada kelompok kecil diperoleh hasil 85,38% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang sudah dikembangkan layak praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: Bahan Ajar Komik, Integrasi Islam


Full Text:

PDF

References


Andriani, Siska. 2015. Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 2

Eny E dan Hilma S. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 3 Pontianak pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa, Vol. 1 No. 1 h. 26.

Ilyas, Yunahara. 2013. Kuliah Akidah Islam. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.

Karmawati. 2007. Penggunaan Komik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Hunafa STAIN Dakorama, 4:2

Kurniawan, Dedi. 2015. Penerapan Media Komik Matematika terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Vol 1 No 1.

Lestari, Rosi. 2016. Pengaruh Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas III SD Islam Al Amanah Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nunu Mahnun. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah – Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol 37 No 1.

Samsul Maarif. Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 4, No. 2, (2015)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AL-FABETA

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas & PP RI Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar, (Bandung: Citra Umbara, 2009), Cet. Ke-2

Wawancara Pribadi oleh Bapak Riadi Santoso, S.Pd. 2020.

WJS Poerwardarmita, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,2007)

Yokri, Veggy. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK-SMAK Padang. 2019.

Zulkifli. 2008. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Reaksi Redoks. Jakarta: Perpustakaan Utama UIN.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors