Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah pada Materi Aljabar

Bagus Abdul Azis, Eyus Sudihartinih

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs pada materi aljabar. Partisipan penelitian ini adalah 6 siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Kotamobagu. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa, dilakukan tes tulis sebanyak tiga soal esai, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu dua partisipan memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah, tiga partisipan memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan satu partisipan memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi.


Keywords


Komunikasi Matematis, siswa MTs, Aljabar, studi kasus, SMP.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Apedince, H. (2012). Universitas Kristen Maranatha 1. Sistem Informasi, Cdc, 1–4.

Artikel, I. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Pada Model Pembelajaran Tsts Dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7452

Gelar Dwirahayu, Dedek Kustiawati, Ririn Aria Yanti. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Miskonsepsi. Optimalisasi Literasi Matematis Dalam Sudut Pandang Saintifik, 235–241.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, Vol. 7(1) : 9-18.

Jatmiko, J., & Yohanie, D. D. (2018). Diskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pondok. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2743

Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. MIPMIPA UNHALU, 8(1).

Matematika, J., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., & Alam, P. (2015). Matematis Melalui Pembelajaran Model 4K Berdasarkan Tipe Kepribadian.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia.

Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107

Novita, D. (2018). Analisis Proses Berpikir Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 50–60.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Analysis Of Students Mathematical Communication Skills Based On Gender Differences. 09(April), 1–7.

Permatasari, D., & Harta, I. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Pendidikan Dasar Kelas V Dan Kelas Vii: Cross-Sectional Study. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 99. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.726

Romlah, S., Kadarisma, G., & Wahyu, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Mutiara 1 Bandung Pada Materi Bentuk Aljabar. Journal On Education, 01(02), 37–46.

Sumarmo, Utari. (2012). Kemampuan dan Disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif Matematik (Eksperimen terhadap siswa Sma Menggungakan Pembelajaran berbasis masalah dan Stategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1). 17-33. http://fpmipa.upi.edu/journal/v1/index.php/jpmipa/article/viewFile/228/14 3

Triana, M., Zubainur, P. M., Matematika, J. P., Kuala, U. S., Pembelajaran, P., & Otak, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Otak menggunakan Autograph. 4(1), 1–10.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM. 5, 13–24.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 71–77. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.3848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN FAS Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by :

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBARDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBARDESKRIPSI GAMBAR

Program Studi Tadris Matematika UIN FAS Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 822 8168 8976

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors