Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah pada Materi Aljabar
Abstract
Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs pada materi aljabar. Partisipan penelitian ini adalah 6 siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Kotamobagu. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa, dilakukan tes tulis sebanyak tiga soal esai, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu dua partisipan memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah, tiga partisipan memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan satu partisipan memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29
Apedince, H. (2012). Universitas Kristen Maranatha 1. Sistem Informasi, Cdc, 1–4.
Artikel, I. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Pada Model Pembelajaran Tsts Dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7452
Gelar Dwirahayu, Dedek Kustiawati, Ririn Aria Yanti. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Miskonsepsi. Optimalisasi Literasi Matematis Dalam Sudut Pandang Saintifik, 235–241.
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, Vol. 7(1) : 9-18.
Jatmiko, J., & Yohanie, D. D. (2018). Diskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pondok. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2743
Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. MIPMIPA UNHALU, 8(1).
Matematika, J., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., & Alam, P. (2015). Matematis Melalui Pembelajaran Model 4K Berdasarkan Tipe Kepribadian.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia.
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107
Novita, D. (2018). Analisis Proses Berpikir Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 50–60.
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Analysis Of Students Mathematical Communication Skills Based On Gender Differences. 09(April), 1–7.
Permatasari, D., & Harta, I. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Pendidikan Dasar Kelas V Dan Kelas Vii: Cross-Sectional Study. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 99. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.726
Romlah, S., Kadarisma, G., & Wahyu, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Mutiara 1 Bandung Pada Materi Bentuk Aljabar. Journal On Education, 01(02), 37–46.
Sumarmo, Utari. (2012). Kemampuan dan Disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif Matematik (Eksperimen terhadap siswa Sma Menggungakan Pembelajaran berbasis masalah dan Stategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1). 17-33. http://fpmipa.upi.edu/journal/v1/index.php/jpmipa/article/viewFile/228/14 3
Triana, M., Zubainur, P. M., Matematika, J. P., Kuala, U. S., Pembelajaran, P., & Otak, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Otak menggunakan Autograph. 4(1), 1–10.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2
Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM. 5, 13–24.
Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 71–77. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213
Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.3848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN FAS Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)
Indexing by :









Program Studi Tadris Matematika UIN FAS Bengkulu
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Telp: (+62) 822 8168 8976
Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/
Email : equation@iainbengkulu.ac.id