Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan

Yesi Ismawati

Abstract


Kemampuan kognitif matematika seseorang tidak selalu memiliki hubungan dengan tingkat disposisi matematika. Penelitian iniĀ  bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan representasi matematika siswa kelas X di salah satu SMK negeri daerah Yogyakarta pada materi barisan dan deret aritmatika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel penelitian berjumlah 43 siswa kelas X. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non tes angket disposisi matematis. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapat nilai korelasi yang sangat rendah antara variabel disposisi matematis dengan kemampuan representasi matematika siswa yaitu sebesar 0,13 dan didapat nilai signifikansi = 0,480 > 0,05 dari hasil uji korelasi menggunakan SPSS, artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan representasi matematika siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.3962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by

============================================================================================

Location