Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri

Irma Meirawati Handayani, Dwi Sulisworo

Abstract


Teknologi Informasi sangat mendukung proses belajar mengajar  dalam pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya dalam kegiatan pembelajaran masih  sedikit guru yang memanfaatkan TIK, padahal jika guru menggunakan TIK dalam proses pembelajaran  dapat membantu peserta didik dan guru tersebut dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Geogebra terhadap  pemahaman konsep peserta didik pada materi transformasi geometri dengan model Discovery. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini dilakukan di SMP VIP  Al-Huda Kebumen kelas IXA. Instrumen yang digunakan berupa angket respon online peserta didik, angket  respon online guru dan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran transformasi geometri, dari seluruh aspek pernyataan dari angket respon  peserta didik dan respon guru diperoleh persentase rata-rata respon adalah 89,7%, begitu juga dengan  tes hasil belajar peserta didik yang sudah mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Dengan demikian tingginya persentase respon peserta didik dan hasil belajarnya membuktikan bahwa  penggunaan aplikasi Geogebra dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam  pembelajaran transformasi geometri berbasis discovery learning, Implikasinya jika dalam setiap pembelajaran menggunakan  media yang tepat maka akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan meningkatkan prestasi belajarnya.


Keywords


Aplikasi Geogebra, Transformasi geometri, Discovery learning

Full Text:

PDF

References


(1) A.M.Irfan Taufan Asfar, Asmawaty, M Iqbal and Aisyah. (2019). Mathematical Concept Understanding: the Impact of Integrated Learning Model: Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10, No. 2, Hal 211 – 222.

(2) Abdul Saha, Royati and Ahmad Fauzi Mohm ayub, “The Effects of GeoGebra on Mathematics Achievement: Enlightening Coordinate Geometry Learning, International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), Volume 8, 2010, Pages 686-693. 2010

(3) Arofah, Rahmat. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. EDUCATION JOURNAL published: 01 Juni 2019 doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124

(4) Asfar, A., Darmawati, & Darmawan, D. (2018). The Effect of REACE (Relating, Exploring, Applying, Cooperating and Evaluating) Learning Model Toward the Understanding of Mathematics Concept. In Journal of Physics: Conference Series (p. 12145).

(5) Atmawati, Ristu Kurnia and Sutopo. (2019 ). Eksperimentasi Model Discovery Learning dengan Alat Peraga Petak Transformasi pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Peserta didik Kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3, No 2, pp. 102-116. https://dx.doi.org/10.20961/jpmm solusi.v3i2.37916

(6) Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra. Fibonacci, 3(2). Lestari, I. (2018).

(7) Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 65 tentang Standar penilaian pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

(8) Kemendiknas. (2016). Permendiknas No 22 tahun 2016 tentang tujuan pembelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

(9) Mulyasa. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1.

(10) Mulyatiningsi, E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas (Cet. V). Bandung: Remaja Rosdakarya.

(11) Nanang, Priatna and M. Arsani. (2019). Media pembelajaran Matematika dengan Geogebra. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.a

(12) NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA : NCTM.

(13) Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. (A. Nuryanto, Ed.). Yogyakarta: UNY Pres.

(14) Triyono and Suparman. (2019). "Inquiry-Based Worksheet Design to Improve Critical Thinking of Students in Indonesia", International Journal of Scientific and Technology Research Vol. 8, Issue 10, pp. 1183-1187.

(15) V Murni, S Sariyasa and I.M Ardana. (2017) “GeoGebra Assist Discovery Learning Model for Problem Solving Ability and Attitude toward Mathematics’”, International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) IOP Publishing IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 895 012049

(16) Wahyudin, Zarkasyi. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.4027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors