ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Desma Warti, Alfi Yunita, Hafizah Delyana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Perbedaan gaya belajar siswa sebagai bagian dari karakteristik individu yang menyebabkan perbedaan hasil belajar matematika setiap siswa perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada program linear ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batang Anai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batang Anai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket gaya belajar, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan ketiga gaya belajar yang dilihat maka hasil yang lebih baik terlihat pada kelompok visual yang memiliki rata-rata nilai siswa tertinggi.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya Belajar


Keywords


Hasil Belajar, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Helmawati, (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Hots.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muliyardi . (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang:

Universitas Negeri Padang.

Lasarus, M. (2017). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-

soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal KIP 1033-1045.

Wahyuni, y. (2017) Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial,

Kinestetik) Universitas Bung Hatta, Jurnal Penelitian

Pendidikan Matematika, 10(2).

Widayanti, F.D., Pd, S., &Pd, M. (2013). Pentingnya Mengetahui

Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas.

Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.Pd. Jurnal Erudio, 2(1).

Khoirun, A. (2014). Analisis Pemahaman Siswa Kelas VII C SMPN

Boyolanggu Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 Pada

Materi Pokok Himpunan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi,

-119.

Deporter, B Reardon, M. & Singer-Nourine, S. (2010).

Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang Kelas.

Bandung: Kaifa.

Wassahua, S (2016), Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil

Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII

SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten

Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 84-104.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan

Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group..

Iryanti, P. (2014). Penlilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Depdiknas.

Edimuslim, Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis

kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar

Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2),

- 110.

Edriati, S., Hamdunah, & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi

Belajar MatematikaSiswa SMK Melalui Model Quantum

Teaching Melibatkan Intelligence. Cakrawala Pendidikan,

Meleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Fathani, A. H. (2016). Gaya belajar siswa dalam menyelesaikan

masalah matematika ditinjau dari tingkat kecenderungan

kecerdasan matematik dan linguistik. Prosiding Seminar

Matematika Dan Pendidikan Matematika 2013, (May 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.4229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors