ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Perbedaan gaya belajar siswa sebagai bagian dari karakteristik individu yang menyebabkan perbedaan hasil belajar matematika setiap siswa perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada program linear ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batang Anai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batang Anai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket gaya belajar, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan ketiga gaya belajar yang dilihat maka hasil yang lebih baik terlihat pada kelompok visual yang memiliki rata-rata nilai siswa tertinggi.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya Belajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Helmawati, (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Hots.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muliyardi . (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang:
Universitas Negeri Padang.
Lasarus, M. (2017). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-
soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal KIP 1033-1045.
Wahyuni, y. (2017) Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial,
Kinestetik) Universitas Bung Hatta, Jurnal Penelitian
Pendidikan Matematika, 10(2).
Widayanti, F.D., Pd, S., &Pd, M. (2013). Pentingnya Mengetahui
Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas.
Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.Pd. Jurnal Erudio, 2(1).
Khoirun, A. (2014). Analisis Pemahaman Siswa Kelas VII C SMPN
Boyolanggu Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 Pada
Materi Pokok Himpunan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi,
-119.
Deporter, B Reardon, M. & Singer-Nourine, S. (2010).
Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang Kelas.
Bandung: Kaifa.
Wassahua, S (2016), Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil
Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII
SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten
Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 84-104.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan
Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group..
Iryanti, P. (2014). Penlilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Depdiknas.
Edimuslim, Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis
kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar
Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2),
- 110.
Edriati, S., Hamdunah, & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi
Belajar MatematikaSiswa SMK Melalui Model Quantum
Teaching Melibatkan Intelligence. Cakrawala Pendidikan,
Meleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Fathani, A. H. (2016). Gaya belajar siswa dalam menyelesaikan
masalah matematika ditinjau dari tingkat kecenderungan
kecerdasan matematik dan linguistik. Prosiding Seminar
Matematika Dan Pendidikan Matematika 2013, (May 2013)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.4229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)
Indexing by
Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Telp: (+62) 812 7804 0897
Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/
Email : equation@iainbengkulu.ac.id