ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PGMI IAIN BENGKULU MATA KULIAH MATEMATIKA 2 BERDASARKAN TEORI APOS

Anggun lestari, FS Syafri, Poni Saltifa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman konsep matematika 2 bagi mahasiswa PGMI.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 16 mahasiswa PGMI semester  3 TA 2020/2021. Teknik pengumpulan data  dengan soal tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan adalah 4 soal esay yang menguji kemampuan pemahaman volume bangun ruang mahasiswa. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah matematika 2 materi volume bangun ruang berdasarkan teori APOS belum optimal, mahasiswa mampu menguasai tahapan dengan baik hanya sampai tahap aksi, dan proses. Mahasiswa kurang memahami konsep dasar mata kuliah matematika 2  dikarenakan mahasiswa hanya menghafal rumus dan mengetahui konsep dasar namun tidak dapat menerapkannya ketahap selanjutnya dan faktor lainnya adalah kurangnya memperhatikan pelajaran saat dipelajari di sekolah sebelumnya, dan juga saat pembelajaran berlangsung di kelas.



Keywords


Pemahaman Konsep; Teori APOS

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. S. 2016. “Mahasiswa (Calon) Guru Matematika Yang Profesional.”Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015 1 (Pendidikan Matematika)

Amaliyah, R.A.R.,& Nurfadilah Mahmud, 2018.Analisis kemampuan representasi matematis dalam pemecahan masalah geometri serta factor-faktor yang mempengaruhinya, Jurnal Review Pembelajaran Matematika, Vol. 3, No. 2

Dubinsky, E.D, Dkk., 2001. A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Education Research’, The Teaching and Learning of Mathematics at University Level

Fitria, M. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Penyelesaian Soal Integral Berdasarkan Teori APOS, DE_JOURNAL, Vol. 1, No. 1

Hoiriyah, D. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa, Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7.01 (2019): h. 123. .

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: PPLPTK, Dirjendikti

Jarmita, N. 2013.Analisis Penguasaan Konsep Dan Kesulitan Materi Matematika Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswa PGMI, Jurnal Edu Sains, Vol. 1, No. 2

Kesumawati, N. 2008.Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.

Maharaj, A. 2014.An APOS Analysis of Natural Science Students' Understanding of Integration, REDIMAT, Vol. 3, No. 1

Sholihah, U., Dkk., 2016. Analisis Pemahaman Integral Taktentu Berdasarkan Teori APOS Pada Pada Mahasiswa Tadris Matematia (TMT) IAIN Tulungagung, Jurnal Cendikia, Vol. 14, No. 1

Sugiyono, 2018.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta

Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Karawang: Kencana

.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.4257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by

============================================================================================

Location