PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI BILANGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sitri Cayani, Poni Saltifa

Abstract


Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan soal HOTS materi bilangan kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Martin Tessmer yang terdiri dari tahap  preliminary, tahap self evaluation (analisis kurikulum, peserta didik, materi, dan desain), tahap prototyping (validasi, evaluasi, dan revisi) yang meliputi expert review, one-to-one dan small group. Hasil pengembangan soal HOTS materi bilangan kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu diperoleh nilai validitas dari 3 orang validator sebesar 3,73 yang berarti soal tes HOTS ini berada pada criteria sangat valid selanjutnya soal tes HOTS yang sudah peneliti kembangkan diperoleh nilai kepraktisan pada tahap small group (6 orang peserta didik) sebesar 93,75% berada pada kriteria sangat praktis.


Keywords


Pengembangan; Soal HOTS; Materi Bilangan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badjeber, Rafiq dan Jayanti Putri. 2018. Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 1, No 1.

Farihah, Nailul dkk. 2018. Pengembangan Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi Barisan dan Deret Bilangan” Jurnal Majamath. Volume 1 Nomor 2.

Ningsih, Riski dan Annajmi. 2020. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( SPLTV) Kelas X SMA. Jurnal Absis. Vol 3, No. 1.

Nursalam. 2017. Pengukuran dalam Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.

Rahayu, Tuti dkk. 2008. Pengembangan Instrumen Penilaian Dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP 17 Palembang,” Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2. No. 2.

Tessmer, Martin. 2005. Planning and conducting Formative Evaluations. Routledge.

Wulandari, Septiya dkk. 2020. Pengembangan Soal Higher Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.7, No.2.

Yokri, Veggi dan Poni Saltifa. 2020. LKPD Matematika Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMK-SMAK Padang Kelas X”.Jurnal Equation. Volume 3 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.4258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors