PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGHETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA

Annisah Kurniati, Ramon Muhandaz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan penelitian untuk setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang didesain berdasarkan model Kemmis & Mc Taggart.Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PIAUD semester satu lokal B yang mengambil mata kuliah pengenalan matematika tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan tes. Data yang diperoleh dari awal siklus sampai akhir dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif yaitu membandingkan hasil tes belajar dan observasi kegiatan pada kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika mahasiswa pada prasiklus 20%, pada siklus I yaitu60%, sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika mahasiswa meningkat menjadi sebesar84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Number Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa.


Keywords


Matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT danHasil belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 600. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1516

Arpiah, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.251

Barlian, I. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru? Jurnal Forum Sosial, VI(01).

Chotimah, H., Dwitasari, & Yuyun. (2009). Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Destiyandani, E., Yunianta, T. N. H., & Mampouw, H. L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viia SMP Negeri 2 Tuntang Pada Materi Segitiga. Satya Widya, 32(2), 65. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p65-78

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Jufri, J., Asdar, A., & Marufi, M. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMA. roximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Kamdani, K., & Purnami, A. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Nglipar Tahun Ajaran 2013/2014. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.30738/.v3i2.297

Komaidi, D. (2011). Paduan lengkap PTK Penelitian tindakan kelas teori praktek dan contoh PTK. Yogyakarta: Sabda Media.

Kurniati, A. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PERKULIAHAN KAPITA SELEKTA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1200

Kurniati, K., Prahmana, R. C. I., Makur, A. P., & Jelatu, S. (2018). Math Comics, Vectors, and the Strategy of Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2716

Lie, A. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Muijs, D., Reynolds, D., Soetjipto, H. P., & Soetjipto, S. M. (2008). Effective teaching: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rahmah, A., Muchlis, E. E., & Herawaty, D. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Soal Cerita. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 116–121. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.116-121

Rochiati, W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sholekhah, E., & Murdiana, I. N. (t.t.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(3).

Sudarto, D. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model NHT Siswa Kelas II SDN Bonangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, 4(1), 4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5077

Sumarmi. (2012). Model-Model Pmbelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Sumarni, S., Harun, A. H., & Imran, I. (2015). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Jurnal Kreatif Online, 3(4).

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.4662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors