ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH TRIGONOMETRI DI PRODI TADRIS MATEMATIKA IAIN BENGKULU

resti komala

Abstract


bahan ajar merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran, karena setiap pelajar tidak bisa hanya mngandalkan pengajar untuk memenuhi kebutuhan perolehan informasi dan pengetahuan. Bahan ajar yang memiliki kecukupan isi akan sangat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Trigonometri adalah salah satu mata kuliah wajib di IAIN Bengkulu. Mata kuliah ini akan membahas dasar pengukuran sudut pada bidang datar. Trigonometri adalah salah satu ilmu yang digunakan pada kajian yang lebih tinggi seperti pada kajian kalkulus dan geometri. Subjek penelitian adalah mahasiswa tadris matematika IAIN Bengkulu angkatan 2019 yakni berjumlah 45 orang.  Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan perkuliahan dan angket terbuka untuk mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada pembelajaran mata kuliah trigonometri yakni ketersediaan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan mata kuliah ini.  Hasil analisis angket kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa 1) bahan ajar yang dibutuhkan mahasiswa hendaklah menggunakan bahasa indonesia, 2) mengingat trigonometri banyak rumus, maka hendaknya buku trigonometri memuat turunan rumus-rumus tersebut, sehingga mahasiswa bisa memperoleh rumus/aturan dalam materi trigonometri dan bukan sekedar menghapal, 3) penyajian materi runtun dan jelas sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Studi ini merupakan bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar mata kuliah trigonometri.


Keywords


trigonometri; analisis bahan ajar;

Full Text:

PDF

References


Corral, Michael. 2009. Trigonometry. Livonia Michigan.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis:

sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gelfand, M. 2001. Trigonometry. USA: Department of Mathematics Rutgers University.

Heinich, R., Molenda, Russel, J. D., &

Smalidino, S. (2001). Instructional

Media and Technologies for Learing

(7th ed.). New Jersey: Prentice Hall

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.5229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors