PRAKTIKALITAS MODUL DENGAN MODEL ICARE TERINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI ALJABAR

Merlina Merlina, Fatrima Santri Syafri

Abstract


Tujuan penelitian R&D ini adalah untuk mengembangkan Modul dengan model ICARE terintegrasi nilai-nilai islam pada materi aljabar yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan terhadap bahan ajar yang digunakan sekolah diketahui bahwa bahan ajar yang biasa digunakan guru tidak ada kaitannya dengan nilai keislaman dan belum ada bahan ajar seperti modul. Hasil wawancara dan observasi di MTS Pancasila kota Bengkulu bahwa nilai matematika pada materi aljabar masih rendah dan peserta didik kurang menyukai pembelajaran matematika. Observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika di MTS Pancasila Kota Bengkulu kelas VII semester 1 pada saat magang III menujukan perolehan hasil belajar yang dicapai peserta didik pada materi Aljabar masih rendah hal ini dilihat dari hasil ulangan akhir materi aljabar dan peserta didik kurang menyukai mata pelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika guru telah memiliki komponen pendukung pembelajaran yang lengkap, di antaranya adalah bahan ajar buku cetak pegangan guru dan LKS. Pengembangan Modul melalui tahapan model pengembangan dari Plomp yang dimulai dari tahap awal yakni analisis bentuk dan karakteristik perangkat, kemudian tahap pengembangan atau pembuatan prototype berupa merancang, mengevaluasi dan memvalidasi perangkat dan terakhir tahap penilaian. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul matematika yang dihasilkan memenuhi kategori praktis.  

Keywords


Modul, ICARE, dan Aljabar.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud, Idi. Pembelajaran Matematika dalam Implementasi kurikulum 2013, (2014) hal. 5

Wahyudin, dkk. 2010, Model Pembelajaran ICARE pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK di SMP (ICARE Based Instructional Model on ICT Curriculum in Yunior Secondary School, (Jurnal PenelitianPendidikan, Vol 11, No 1, 23-33) a

Daryanto.,Menyusun Modul:Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. (2013) h. 9

Dikmenjur. (2004) Kerangka Penulisan Modul. Jakarta: Dikmenjur, Depdiknas

Depdiknas. Pedoman Khusus Penyusunan Modul Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Depdiknas. (2004). h. 4

Kohar. Integrasi KeIslaman Pembelajaran Matematika Dan Nilai-Nilai Demokratis (2010:4)

Salafudin, Pembelajaran Matematika yang bermuatan nilai-nilai keIslaman. (2015) Vol. 12, No. 2, November 2015. Hlm. 223-243

Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK, (Jakarta rineka cipta, 2003), h.137-138

Nihayati, Integrasi Nilai-Nilai Islam Dengan Materi Aljabar (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an), Pendidikan Matematika STKIP Muhamadiyah Pringsewu Lampung Jurnal Edumath , Volume 3 No. 1, Januari 2017 Hlm. 65-77

Tim Masmedia Buana Pustaka, Matematika Untuk SMP/MTS Kelas VII, (sidoarjo

:Masmedia Buana Pustaka, 2014), h. 5-6.

Veggy Yokri, Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Matematika Berbasi Inquiry untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X

SMK-SMAK Padang”. 2019.

Sofan Amri dkk, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran( Jakarta: PT Prestasi Pustakarya, 2010), h.1.

Eko Putro Widyoko, Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian, ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012 ), h.21.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.5276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors