ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XI TERBITAN ERLANGGA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Fitri Novianti, Hanifah -, Ringki Agustinsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal dalam buku teks matematika peminatan kelas XI terbitan Erlangga materi persamaan trigonometri berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena taksonomi Bloom revisi bersifat menjembatani antara tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru dengan kemampuan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah soal-soal review uji kompetensi pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2016 karangan Sukino, terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 23 uraian. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif soal review uji kompetensi materi persamaan trigonometri ialah tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 0% (0 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 0% (0 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 67,92 % (36 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 30,19% (16 butir soal), C5 (mengevaluasi) sebanyak 1,89% (0 butir soal), dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 butir soal). 

Keywords


Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Ashtiani, P. A. (2013). The relationship between motivation and language learning strategies in foreign language learning: a cognitive perspective. Dalam H. Ghaemi (Eds.), Modern Journal of Language Teaching Methods. Iran: Islamic Azad University

Hartuti, M., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 Kelas Rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 2(1), 2. https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i1.7370

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

In’am, A. (2015). Menguak Penyelesaian Masalah Matematika: Analisis Pendekatan Metakognitif dan Model Polya. Malang: Aditya Media Publishing.

Lee, Y.-J., Kim, M., Jin, Q., Yoon, H.-G., & Matsubara, K. (2017). East-Asian primary science curricula: an overview using revised Bloom’s taxonomy. Singapore: Springer Nature.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sam’s, R. H. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Teras.

Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). Analisis Soal-soal Uji Kompetendi pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(1). https://doi.org/10.35961/tanjak. v1i1.81

Sunarti, & Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.5306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors