SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM KONTEKS BENGKULU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL

Anggun Aprianti, Selvi Riwayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa soal-soal  kemampuan penalaran  matematis berkonteks Bengkulu yang valid dan praktis. Subyek  penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan pada TA 2020/2021. metode yang digunakan yaitu pengembangan model tessmer yang terdiri dari dari preliminary, self evaluation, expert review, one-to-one, small grup dan field test. Pada tahap awal terdapat dua tahap yaitu tahap persiapan dan perancangan. Persiapan terdiri dari tahap menganalisis kurikulum, materi dan siswa. Tahap desaian yaitu membuat rancangan soal kemampuan penalaran matematis. Selanjutnya tahap evaluasi diri dilakukan untuk menilai sendiri apakah 15 soal yang telah dibuat berdasarkan penulisan dan bahasa. Setelah itu soal akan divalidasi oleh validator sebanyak 2 kali. Kemudian 15 soal yang valid akan diuji keterbacaannya kepada 3 siswa. Setelah soal dinyatakan valid dan praktis maka  diuji cobakan pada 30 siswa kelas X IPA 2 pada tahap small grup  dan didapatkan 11 soal yang terstandar baik dan dapat digunakan yaitu memiliki tingkat kesukaran kategori baik yaitu 0,30 ≤ p ≤ 0,70 dan mempunyai indeks daya beda butir soal kategori baik yaitu di ≥ 0,2.


Keywords


soal penalaran;penelitian pengembangan;konteks Bengkulu;penalaran matematika

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Pengelolaan Pengujian. Jakarta:Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Hadi, S. and Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, pp. 562–569.

Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hazlita, H., Zulkardi, Z. and Darmawijoyo, D. (2014). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera Selatan di Kelas IX SMP’, Kreano. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), p. 170. doi: 10.15294/kreano.v5i2.3326.

Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung:PT Refika Aditama.

Mardayanti, E., Zulkardi, & Santoso, B. (2016). Pengembangan Soal Open-Ended Menggunakan Konteks Sumatera Selatan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X SMA. Pendidikan Matematika, 10(1),1-15.

Musthafa, R. A. (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP NEGERI 10 JEMBER. skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas JEMBER. JEMBER

Naga, Dali S. (1992). Pengantar Teori Sekor Pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Permendikbud Nomor 59 Tahun (2014). "Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah." Diambil 20 Januari 2021 (https://bsnp-indonesia.org/wp- content/uploads/2009/06/.permendikbudtahun2016No22lampiran.pdf).

Putri, D. M., & Destania, Y. (2020). Pengembangan Soal Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 169–184. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.169-184

Riwayati, S. and Destania, Y. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), p. 104. doi: 10.32939/ejrpm.v2i2.409.

Rizta, A., Zulkardi, Z. and Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model Timss Matematika Smp. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), pp. 230–240. doi: 10.21831/pep.v17i2.1697.

Suprihatin, R. T. (2018). Analisis Kemampan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. JKPM, http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2819

Thahir, M. and Amir MZ, Z. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X MAN Kuala Enok. Instructional Development Journal, 2(1), p. 1. doi: 10.24014/idj.v2i1.7866.

Wahyudi, T. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), pp. 1–14. doi: 10.24815/jdm.v3i1.4300.

Zulkardi, (2006). "Formative Evaluation: what,why, when, and how". Diambil 27 Januari 2021 (http://www.oocities.org/zulkardi/books.html)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.5316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors