ETNOMATEMATIKA TARI ANDUN PADA BUDAYA MASYARAKAT SUKU SERAWAI DI KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Amelia Lestari, Poni Saltifa

Abstract


Matematika merupakan ilmu dasar dari semua ilmu, baik penalaran maupun ekspresinya berperan penting dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Etnomatematika adalah pembelajaran matematika dengan bentuk pembelajaran yang berhubungan dengan bahasa, simbol, kode, benda, kebiasaan, seni, atau apapun yang ada dalam budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Matematika yang di aplikasikan dan di kembangkan pada budaya Tari Adat (Andun) masyarakat suku Serawai di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara yang berkaitan dengan Tari Andun Suku Serawai Kabupaten Seluma, penelitian ini dilakukan di Tais Kabupaten Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, konsep matematika yang ada pada Budaya Tari Andun meliputi, bentuk sudut dan bangun datar, sudut siku-siku dengan nilai sudut 90°, sudut tumpul dengan nilai sudut 90<180°, sudut lancip dengan nilai sudut kurang dari 90°, sedangkan bentuk bangun datar ada persegi, persegi panjang, dan lingkaran.


Keywords


Tari Andun; Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., & Kurniadi, E. (2016). Matematika dan Budaya. Palembang: UPT. Penerbitan dan Percetakan Universitas Sriwijaya.

Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis.

Dali,.A. Bustan.,2003 Buku Perkembangan Kabupaten Seluma, Seluma

Dali, .A.Bustan.,2003 Buku Adat Kabupaten Seluma, Seluma

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics: an International Journal of Mathematics Education, 5(1), 44-48.

D'Ambrosio, U. (2001). General Remarks on ethnomathematics. ZDM, 33, pp

H. Muhammad Bahar Akkase Teng, 2017. Filsafat Kebudayaan Dan Sastra (Dalam Perspektif Sejarah). Jurnal Ilmu Budaya.

Hadikusuma, Hilman. 1989. “Masyarakat dan Adat Budaya Lampung”. Bandung: Mandar Maju.

Hilman Hadikusuma dkk, 1985. “Adat Istiadat Daerah Lampung”. Lampung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Propinsi Lampung Bagian Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Kurniasih, M. D., & Handayani, I. (2017). Tangkas Geometri Transformasi. Jakarta: Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

Karnilah, Juandi, 2013 Study Ethnomathematics: Pengungkapan Sistem Bilangan Masyarakat Adat Baduy, Univesitas Pendidikan Indonesia

Kosasih, E. 2012 hal. 104. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta. Djambata

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. Bandung: PT Refika Aditama.

Lexy J. Moleong.(2011). “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nilah Karnilah, Dadang Juandi, 2012. Eksplorasi Masyarakat dalam Produk masyarakat Baduy.

Naashir, Lubis dkk, 2018, Identifikasi Etnomatematika Batik Besurek Bengkulu Sebagai Media Dan Alat Peraga Penyampaian Konsep Kekongruenan Dan Kesebangunan, Jurnal ilmiah Wahana Didaktika.

Marsigit, & dkk. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

M. Rosida Rakhmawati, “Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung,”. Al-Jabar :Jurnal Pendidikan Matematika, Vol .7 No.2 (2016), h. 226.

Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Research Quantitative and Qualitative Approaches : Second Edition. Pearson Education, Inc.

Novrika, D., Putri, R. I., & Hartono, Y. (2016). Desain Pembelajaran Materi Refleksi Menggunakan Motif Kain Batik Untuk Siswa Kelas VII. Prosiding seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, (pp. 607-626). Palembang.

Orey, D. C., & dkk. (2014). Special Edition of The Journal of Mathematics and Culture. Proceedings of the 5th International Congress on Ethnomathematics. Mozambique: The International Proceedings Publication Committe of ICEm.

Rahardi, D. 2008. Fishbone Analysis. http://dickyrahardi.blockspot.com. Diakses tanggal 30 November 2020

Suherman,E 2012. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sembiring, R.K. 2010. Pendidikan Matematika Realistis Indonesia (PMRI) : Perkembangan dan tantangannya. Journal an Mathematics Education, 1(1), 11-16

Sedyawati, Edi. 2010. Hal. 125. Budaya Indonesia. Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sylviyani, Hartati, 2017. Etnomatematika : Aplikasi Bnagun Datar SegiEmpat Pada Candi Muaro Jambi. Jounal Aksioma.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumarmo, Utari. 2010. Analisis etnomatematika terhadap candi prambanan. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.

Suriasumantri, Jujun S, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1993

Sulaiman M. Munandar, (2015) hal. 35.“Ilmu Budaya Dasar”, Bandung : PT Refika Aditama, cetakan ke -13.

Turmudi, 2009:4 Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika berparadigma Eksploratif dan Investigatif, Jakarta : Leuser : Cipta Pustaka

Wahyuni, Astri, Wedaring, dkk, Peran Etnomatematika dalam Membangun Krakter Bangsa, Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 2013

Wahyu, P. 1992. Riwayat Hidup dan Karya-karya Pematung Batu Dulkamid Jayapura. Skripsi yang tidak diterbitkan.

Zayyadi, M. (2017, Maret). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma.

Zuardi, Susila. 2010. Analisis Sastra Lisan Rejung pada Masyarakat Lembak di Kecamatan Padang Ulak Tanding. Bengkulu: Universitas Bengkulu




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.5369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors