Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa kelas XI MA Plus Keterampilan Adzqia Batang Gansal. Hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban ulangan harian siswa yang hasil nilainya dominan rendah. Penerapan Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI MA Plus Keterampilan Adzqia Batang Gansal. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Pretest-Posstest Control Group Only Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MA Plus Keterampilan Adzqia Batang Gansal tahun ajaran 2020/2021. Teknik sampling yang digunakan yaitu Sampling Jenuh dengan penentuan sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sample penelitian ini adalah siswa kelas XI ADP sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep Pret-test dan Post-test untuk melihat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test (Uji U). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, pertama, terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika dengan penerapan Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran, kedua, Peningkatan pemahaman konsep matematika dengan penerapan model Problem Based Learnig berbantuan video pembelajaran lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Moderen. Jakarta: Pustaka Amani
Gusmania, Y & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Enrika
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, Vol. 1, No.15, 2017
Jafar, A. F, dkk. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Model Flipped Classroom berbantuan Video pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Issues in Mathematics Education
Meity Taqdir Qodratillah dkk. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan
Miarso,Y. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Nasution, S. 1990. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Nurdin, E, dkk. 2019. Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Rahmawati, F, dkk. 2021. Efektivitas Video Belajar Dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi Pada Siswa Smp. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics)
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
W. J. S Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka
Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 45-50.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i1.6385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by
============================================================================================
Location