Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Ditinjau Dari Self Regulated Learning (SRL).

Helenita Zube, Hamdunah Hamdunah, Mulia Suryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus ditinjau dari self regulated learning (SRL) kelas VIII.2 SMPN 39 Padang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa dari kelas VIII.2 SMPN 39 Padang. Instrumen yang digunakan berupa angket SRL, soal tes dan lembar wawancara. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa siswa dengan SRL tinggi tidak melakukan kesalahan, sedangkan siswa dengan SRL sedang melakukan setidaknya satu kesalahan dari ketiga indikator kesalahan, dan siswa SRL rendah dominan melakukan semua kesalahan yakni kesalahan konsep, prinsip dan operasi. Untuk faktor penyebabnya adalah siswa tidak menyerap informasi dengan baik, kurang pengalaman siswa dalam mengerjakan soal, siswa belum memahami materi atau konsep pra syarat secara teliti dan siswa lalai dalam menyelesaikan masalah..

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Self Regulated Learning  (SRL), Persamaan Garis Lurus

 


Full Text:

PDF

References


Amalia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX di Cimahi Pada Pokok Bahasan Statistika Errors Analysis Students of Class IX Junior High School In Cimahi on The Subject of Statistics. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2019).

Badaruddin, Kadir, M. A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), hlm. 43-56. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=M5F2664AAAAJ&citation_for_view=M5F2664AAAAJ:UebtZRa9Y70C

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Cut Medika Zellatifanny, B. M. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), hlm. 83-90.

Fatahillah, A., N.T., Y. F. W., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Kadikma, 8(1), hlm. 41-51. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5229

Gusman, R. N., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Kriteria Hadar Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 20–28.

Hidayat, T., Hidayat, T., & Konsep, A. K. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(September), 105–115.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Issue 1, p. hlm. 83-100). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), hlm. 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Lestari, K.,E., Ridwan, M. (2018) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama

Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas X SMA negeri 1 plus di kabupaten nabire papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), hlm. 933-945.

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Nahdi, D. S. (2017). Self Regulated Learning sebagai Karakter dalam Pembelajaran Matematika. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(07), hlm. 20-27. https://core.ac.uk/download/pdf/228883506.pdf

Novitasari, Z. D., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesalahan siswa pada persamaan garis lurus berdasarkan tahapan kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), hlm. 957-964. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.957-964

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(12), hlm. 1214-1223. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990/1977

Nurhabibah, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(September).

Nurianti, E., Halini, & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(July), hlm. 1-23.

Ong, Hananta, F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), hlm.29-35. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900

Permatasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), hlm. 11-17. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.02

Rahmadeni, fevi. (2021). TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS Curup, Matematika Iain. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(September).

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), hlm. 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), hlm. 81.

Rosen, J. A., Glennie, E. J., Dalton, B. W., Lennon, J. M., & Bozick, R. N. (2010). Noncognitive Skills in the Classroom: New Perspectives on Educational Research. In Noncognitive Skills in the Classroom: New Perspectives on Educational Research. https://doi.org/10.3768/rtipress.2010.bk.0004.1009

Sihaloho, L. H. (2016). Hubungan Iklim Sekolah dan Kematangan Emosional dengan Self Regulated Learning Pada Siswa SMA N 1 STABAT. Universitas Medan Area.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Bandung. Alfabeta

Sukenda Egok, A. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), hlm. 35-43.

Umam, K., Suryawati, & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Akademica, V(2), hlm. 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Utami, A. D. (2016). Tipe Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasar Newman’S Error Analysis (Nea). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.842

Zulfaneti, Rismen, S., & Suryani, M. (2015). Validity Analysis of Development Lesson Plan and Student Woeksheet Based Realistic Mathematics Education. Proceedings of the 7th SEAMS UGM (International Coference on Mathematics and Its Applications.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6415

Refbacks



Copyright (c) 2022 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors