Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix UPTD SMP Negeri 4 Parepare

Muhammad Resky, Abdul Wahab A, Buhaerah Buhaerah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat pada prosedur Newman .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Parepare dengan jumlah siswa sebanyak 15. penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mendapatkan data langsung dari sumber data melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan membaca sebesar 0,00%,kesalahan memahami masalah 40%,kesalahan tranformasi masalah sebesar 66,6%,kesalahan keterampilan proses sebesar 86,6% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 73,3%.

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Persamaan Kuadrat, Prosedur Newman.


Full Text:

PDF

References


Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas X SMA negeri 1 plus di Kabupaten Nabire–Papua (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 210-223.

Hafid, H., Kartono, K., & Suhito, S. (2016). Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 257-265.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 35-44.

Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93-100.

Khatimah, K. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix. Manibuy, R. (2014).

Pramesti, T., Sukamto, S., & Wardana, M. Y. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Kelas Iv Sd Negeri Manyaran 02 Semarang. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 1(1), 26-36.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konatatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Ditjen Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.7126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors