Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP

Dahlia wansurni, Nuralam Syamsuddin, susanti susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan melalui pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, terdiri dari dua kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa thitung = 11,7 dan ttabel =1,68 maka terima H1 tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan RME lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Kata kunci : RME, Kemampuan Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Adrianus Akuila Jeheman , dkk. 2019. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. (Jurnal Pendidikan Matematika) 8(2). h. 191-202.

Annisa Agustina. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing. Lemma: Letters Of Mathematics Education, 5(1): 57-58.

Ahmad, M., & Asmaidah, S. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373-384.

Didik Sugeng Pambudi, Usaha Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Realistic, Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. 2019. TIMSS Indonesia (Trends in international Mathematics and Science Study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Hadi, S., & Kasum, M. U. 2015. Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Hasil Observasi Awal yang Dilakukan pada tanggal 16 Januari 2021 di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Hasil Wawancara dengan Guru Mata Pelajaran Matematika di SMPN 8 Banda Aceh pada tanggal 15 Januari 2021

Jeheman, A. A., Guntur, B., & Jelatu, S. 2019. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.

Kemendikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018, February). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Membangun Komunikasi Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 256-262).

Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61-70.

Murizal, A. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal pendidikan matematika, 1(1), 20.

Ningsih, S. Y. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82.

Putri, A. W. 2019. Alasan Mengapa Kualitas PISA Siswa Indonesia Buruk. Tirto Id. Co. [online]. Tersedia https://tirto.id/alasan-mengapa-kualitas-pisa-siswa-indonesiaburuk-enfy.

Rekap Hasil Ujian Nasional Tingkat Sekolah. [online]. Tersedia https://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/. Di akses pada tanggal 20 Maret 2021.

Sastia, R. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30-35.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:Tarsito. https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIKA_1/VdE5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Sudjana.+2005.+Metode+Statistika.+Bandung:Tarsito.&printsec=frontcover

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanti, S. 2017. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa mts melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 93.

Sutisna, A. P., Maulana, M., & Subarjah, H. 2016. Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31-40.

Verlina, L. S. A. P. E. 2020. Penerapan Bahan Ajar Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(1), 27-29.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.7356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

P-ISSN : 2599-3291 (print) E-ISSN : 2614-3933 (online)

 

Indexing by

Sinta

Google Scholar

Garuda

Crossref

Moraref

Base

CiteFactor

Scilit

 

 

Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Telp: (+62) 812 7804 0897

Website: https://ftt.iainbengkulu.ac.id/index.php/tadris-matematika-tmtk/

Email : equation@iainbengkulu.ac.id

 

 

 

 

free web stats Jurnal Equation’s Visitors