ANALISIS KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QURAN
Abstract
Matematika yang diajarkan di sekolah tidak mengaitkan dengan masalah yang berkaitan dengan kehidupan siswa. Padahal matematika merupakan ilmu yang dapat di implementasikan dalam kehidupan. Konsep matematika juga terdapat dalam Al-Quran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep-konsep matematika yang terdapat dalam Al-Quran agar dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Studi Pustaka. Sumber data dalam penelitian ini yaitu AL-Quran dan Artikel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara dokumentasi dengan cara mengumpulkan artikel-artikel yang mengaitkan matematika dengan ayat-ayat Al-Quran. Hasil penelitian menunjukkan banyak konsep matematika yang terkandung dalam AL-Quran diantranya, Bilangan, FPB dan KPK, Himpunan, Geometri, Barisan, Logika, Statistika, Persamaan Garis Lurus. Sehingga pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai atau ayat-ayat Al-Quran. Pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan Ayat-Ayat Al-Quran juga dapat meningkatkan kemampuan matematis dan karakter siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, B. M., Murtiyasa, B., & Fuadi, D. (2021). Analysis of Islamic Value in Learning Mathematics Era 4.0. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.24235/eduma.v10i1.7890
Anggreni, F. (2019). Relevansi Pembelajaran Matematika dengan Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa pada Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.896
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asliyah, N., & Ananda, R. (2022). The effect of memorizing the Quran on students’ mathematical logical intelligence. Desimal: Jurnal Matematika, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.24042/djm.v5i1.11521
Cahya, I. N., & Ahmadi, M. F. (2020). Keterpaduan Konsep Operasi Bilangan Matematika dalam Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 79–81. www.darmawanari.wordpress.com.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Dazrullisa. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Minat Belajar Siswa. Genta Mulia, 9(2), 141–149. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/175
Dotari, A. (2015). Analisis Konsep Himpunan pada Surah AL-Baqarah dalam Al-Quran [Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu]. In e-Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu (Vol. 3, Issue April). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9599
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 346–352. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/49
Hermawan, I. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Methode (1st ed.). Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayat, T., Abdussalam, A., & Fahrudin, F. (2016). KONSEP BERPIKIR (AL-FIKR) DALAM ALQURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH (Studi Tematik tentang Ayat-ayat yang Mengandung Term al-Fikr). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3455
Huda, F., Hartoyo, A., & Sugianto. (2021). Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan Matematika Berbasi Ayat Al-Qur’an. Alpha Euclid Edu, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.42875
Iryani, E. (2017). Al- Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 66–83. https://doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.403
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kurniadi, A., & Wandini, R. R. (2022). Konsep Pola Matematika pada Surat Quraisy. Jurnal Basicedu, 6(3), 3325–3333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2604 ISSN
Mansur, M., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Al-Quran Based Learning Strategy in Teaching Mathematics at Primary Education. 169(Icece 2017), 304–306. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.78
Meldi, N. F. (2022). Studi Lanjut Konsep Matematika pada QS. An-Nur. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT 2022, 167–178. https://doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6868
Muchlis, A. N. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Bilangan Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Ilmu Faro’id Kelas XI IPS MA Unggulan Bandung Tulung Agung Tahun Aajaran 2017/2018 [UIN Satu Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8779
Nasaruddin, N. (2014). Pembelajaran Matematika Berbasis Islam. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.113
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nu’man, M. (2016). Pembelajaran Matematika dalam Perspektif alQuran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.205
Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi pada Mata Pelajaran Matematika, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1208
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Soimah, W., & Fitriana, E. (2020). Konsep Matematika ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 131–135. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/388
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan Kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.697
Umam, K., Sri Suyanta, Hendra H, & Helmi. (2021). Eksplorasi Konsep Matematika Dalam Surat Al-Kahf. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 9(2), 149–162. https://doi.org/10.47574/kalam.v9i2.111
Zahroh, F., & Faridah, S. (2019). Pengaruh Model Integrasi Matematika dan al Quran terhadap Hasil dan. Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty, 4, 27–31. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1062
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Yayasan Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.8433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by
============================================================================================
Location