Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis aplikasi flip pdf professional yang valid dan praktis pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X TPM 3 SMKN 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Tahap Pendefenisian (Define), Tahap Perancangan (Design), Tahap Pengembangan (Develop), Tahap Peyebarluasan (Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penilaian validator oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidaan e-modul berbasis aplikasi flip pdf professional 90,19% dengan kategori sangat valid. Hasil akhir uji coba kepraktisan dengan guru matematika dan peserta didik diperoleh persentase 87,48% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis aplikasi flip pdf professional pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Flip PDF Professional, bilangan berpangkat dan bentuk akarFull Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp1-11
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Metematis melalui Pendekatan Konsektual. Didaktika Matematika, 2013, 47–54.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarno. (2017). hard skills dan soft skill ( nurul falah Atif (ed.); 1st ed.). pt refika aditama.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Lamada, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 1(1).
Rahmi, Anggraini, V., & Melisa. (2016). Hasil Tahap Define Untuk Merancang Lembar Kerja Mahasiswa ( Lkm ) Berbasis Problem Based Learning Disertai Cd Interaktif Pada Perkuliahan. Lemma Letters of Mathematics Education, II(2), 105–114. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-lemma/issue/view/51
Rahmi, Melisa, M. S. (2015). Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) IBM SMPN 25 dan MTsN Model Padang Menggunakan Media Berbasis IT. Prosiding Semnas Mat-PMat STKIP PGRI Sumatera Barat,1.
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: CV Alfabeta.
Saputri, K ., dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Equation: Teori dan Pendidikan Matematika. 5(2), 34- 44.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r & d). Bandung : Alfabeta.
Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 389. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.9506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by
============================================================================================
Location