Model Problem based learning (PBL) dan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa
Abstract
ABSTRAK
Pentingnya matematika disatu pihak belum didukung oleh fakta tentang keberhasilan proses dan hasil belajar matematika siswa, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) belum memperoleh hasil yang menggembirakan. Terlebih lagi melalui pembelajaran matematika terdapat banyak kemampuan afektif siswa yang dapat di kembangkan. Salah satunya kemampuan berfikir kreatif. Apabila digunakan model pembelajaran yang tepat di kelas maka kemampuan berpikir kreatif matematika siswa berdasarkan aspek fluency (lancar), flexibility (luwes), dan elaborasi (memperinci) akan semakin meningkat. Hal ini terbukti dari hasil penelitian dalam artikel ini bahwa Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 1 Kasihan Bantul pada kompetensi menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variable, dengan kegiatan pembelajarannya adalah memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan metode grafik, subtitusi, eliminasi dan gabungan subtitusi dan eliminasi. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang menunjukkan adanya peningkatan nilai dari setiap siklus. Dimana pada siklus I diperoleh rata-rata 59,84 dan peningkatan terjadi pada siklus II dengan rata-rata mencapai 80,06. Artinya peningkatan antara siklus I dengan siklus II adalah sebesar 20,22.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. hlm. 135-144
Downing, J. P. (1997). Creative teaching: Ideas to boost student interest. Englewood, CO: Teacher Ideas Press
Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar
Lutfi. 2019. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan problem solving dalam problem posing berbasis pendekatan saintifik. JRPM: 3
Munandar, U. (1987). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Gramedia.
Munthe Bermawy, Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, cet.ke-10, 2014.
Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Paul Eggen & Don Kauchak, Strategi Dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Ed. 6) (Jakarta: Indeks, 2012), hal. 307
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan (2nd ed.). (T. Wibowo BS, Trans.). New York, NY: McGraw-Hill Company. (Original book published 2004).
Siswanto. J. dan Sohibi, M. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. E. Jurnal: 135-144.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.9759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by
============================================================================================
Location