Womanology Perspektif Islam (Strategi Pemasaran pada Perempuan)

Yosy Arisandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  memaparkan keterkaitan antara pandangan Islam mengenai Womanology strategi marketing yang ditujukan pada wanita dengan hukum Islam, dampak yang mungkin terjadi dari strategi marketing tersebut dan bagaimana Islam mengatur dan mengarahkan pada kaidah pemasaran syariah sehingga wanita tetap berada dalam kontrol dalam melakukan pembelanjaan. Hasil penelitian menunjukkan Womanologi merupakan bekal ilmu penting dalam membidik pasar dikalangan wanita. Womanologi merupakan ilmu yang sangat mendukung dalam menentukan  strategi pemasaran pada target pasar wanita. Hal tersebut juga tergambar dengan jelas dalam Al-Quran dan Hadis yang secara khusus membahas mengenai  wanita dan kaidah-kaidah memperlakukan wanita.


Keywords


Womanology; Perspektif; Islam; Wanita; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Al Arif, Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail. 2011. Ensiklopedia Hadits; Shahih al-Bukhari 1, Terj. Masyhar dan Muhammad Suhadi. Jakarta: Almahira, Cet. I.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alafabeta. 2014

Dhofir, Muhil...[et. al]. Syarat dan Terjemah Riyadhus Shalihin/ Imam Nawawi...[et.al]. Jakarta: Muassasah Ar-Risalah. 2005

Hakim, Lukman. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Yogyakarta. Erlangga. 2012

Yuswohadi, Dyah Hasto Palupi, Teguh Sri Pambudi. Womanology-The Art of Marketing to Woman. Jakarta: PT. Gramedia. 2010

Kadiman, Kusmayanto. Tanpa Gaptek dan Gupsos Menuju Generasi Indonesia Bisa!, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2014

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, implementasi dan kontrol. Terjemahan Henra teguh dan Ronny Antonius Rusly. Edisi 9. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo. 2005

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 4, Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012

Rianto, Muh.Nur, Dasar-Dasar Pemasaran Syariah, Bandung : Alfabeta. 2012

Rivai, Veithzal dkk, Islamic Business and economic Ethic. Jakarta: Bumi Aksara. 2012

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2012

Sumber Internet

https://kbbi.web.id/perspektif diakses tanggal 3 Mei 2019 pukul 05.30 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats

Google ScholarGaruda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.